Heboh di Media Sosial, Pengantin India Pakai Setelan Jas

Susi Susanti, Koran SI · Selasa 24 November 2020 17:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 24 18 2315408 heboh-di-media-sosial-pengantin-india-pakai-setelan-jas-rSms6Q6Smn.jpg Foto: BBC

INDIA - Meski pernikahannya digelar secara tradisional, namun pilihan bajunya tidak berasal dari pakaian tradisional India yang biasa digunakan untuk pesta pernikahan.

Sanjana Rishi tidak memilih pakaian pengantin khas India seperti kain sari atau lainnya yang penuh dengan warna, motif, dan corak. Dia memilih setelan jas dengan celana panjang vintage berwarna biru muda atau “pantsuits”.

Dia menegaskan, pilihannya ini karena dirinya menyukai setelan jas vintage yang simple itu. Selain itu, dia juga ingin menyampaikan pernyataan fesyen yang berani, yang membuat banyak orang bertanya-tanya apakah akan lebih banyak lagi pengantin wanita yang akan meninggalkan pakaian tradisional untuk memilih jenis pakaian lain untuk menikah.

Dikutip BBC, pakaian pengantin yang dikenakan Rishi memang sangat tidak biasa di India. Biasanya pengantin wanita biasanya mengenakan sari sutra atau lehengas yang rumit, yakni rok kombi-blus-syal panjang. Warna yang disukai adalah merah dan banyak yang disulam dengan benang emas atau perak yang mahal.

(Baca juga: Hewan Piaraan Terbukti "Manjur" di Masa Pandemi)

Rishi, 29, menikah dengan pengusaha Delhi Dhruv Mahajan, 33, pada 20 September lalu di ibu kota Delhi. Saat dia berfikir untuk menikah, dia tahu persis seperti apa pakaiannya nanti.

“Aku tahu aku akan memakai setelan celana, dan aku tahu persis yang mana,” katanya. Dia telah melihat setelan jas ini di butik di Italia sejak lama.

“Itu adalah setelan vintage yang pernah sangat disukai, dibuat tahun 1990-an oleh desainer Italia Gianfranco Ferré. Saya terkejut dan senang mengetahui setelan itu masih tersedia ketika saya memutuskan untuk menikah,” terangnya.

“Saya selalu berpikir bahwa ada sesuatu yang sangat kuat tentang seorang wanita dengan setelan jas. Saya mencintai mereka dan saya memakainya sepanjang waktu,” ujarnya.

Setelan jas ini pun langsung membuat heboh dan viral di media sosial (medsos). Setelah memosting foto pernikahannya, banyak warganet yang memberikan komentar dan menjulukinya sebagai pengantin paling keren.

Termasuk komentar dan pujian dari aktris India dan perancang busana terkenal.

“OMG, betapa hebatnya penampilanmu !!!” tulis desainer Masaba Gupta, dan Rhea Kapoor, produser Bollywood dan adik aktris Sonam Kapoor.

“Saya tidak pernah menemukan pengantin wanita India dengan pakaian seperti ini. Pengantin biasanya suka memakai pakaian India bersama dengan perhiasan tradisional dari ibu dan nenek mereka. Ini adalah sesuatu yang sangat baru. Dan dia sangat menonjol,” terang mantan editor majalah pengantin Nupur Mehta.

Salah satu desainer pakaian wanita kontemporer paling terkenal di India Anand Bhushan, juga mengaku sangat menyukai pakaian pengantin Rishi.

“Ketika saya melihat fotonya, hal pertama yang terlintas dalam pikiran saya adalah jika Carrie Bradshaw (salah satu protagonis di Sex and the City) adalah orang India, dia akan berpakaian persis seperti ini untuk pernikahannya,” terangnya.

Selain komentar positif, ada juga beberapa komentar negatif yang menuding Rishi tidak paham dengan budaya India karena sudah terjebak dengan budaya Barat. Bahkan ada salah satu komentar kejam yang memintanya bunuh diri.

Diketahui, di Barat, pakaian pengantin “pantsuits” pengantin telah populer dalam beberapa tahun terakhir. Desainer mempromosikan celana panjang di koleksi pernikahan. Produk ini juga mendapat dukungan dari beberapa selebriti. Tahun lalu, aktris “Game of Thrones” Sophie Turner mengenakan celana panjang putih saat menikah dengan musisi Joe Jonas di Las Vegas.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini