Monyet Ini Dengarkan Permainan Piano dengan Tenang

Susi Susanti, Koran SI · Rabu 25 November 2020 14:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 18 2315923 monyet-ini-dengarkan-permainan-piano-dengan-tenang-mxDvtubJgl.jpg Foto: Reuters

THAILAND - Monyet ternyata tidak hanya butuh pisang. Mereka juga butuh sentuhan nada musik. Setidaknya ini yang terjadi di Thailand.

Melalui video yang beredar, terlihat pianis Inggris Paul Barton dikerumuni oleh monyet liar saat dia memainkan tuts pianonya dengan musik klasik.

Ratusan monyet liar di Lopburi, Thailand ini terdiam dan tenang mendengarkan musik di tengah pandemi Covid-19 yang membuat mereka mengalami masalah kelaparan.

“Mungkin saja musik dapat berperan dalam proses rehabilitasi,” kata Barton, seorang warga aal Inggris yang sudah lama tinggal di Thailand. Dia mengatakan proyek musik ini dilakukan untuk membantu primata karena lebih sedikit pengunjung yang datang dan memberi makan akibat pembatasan.

(Baca juga: Pendaki Bersihkan Gunung, Ubah Sampah Jadi Karya Seni)

Rekaman menunjukkan para monyet ini begitu tenang saat mendengarkan Paul memainkan “Greensleeves”, “Fur Elise” (Beethoven) dan “Diary of Love” (Michael Nyman). Beberapa primata itu terlihat memanjat ke atas pundaknya, sedangkan yang lain terlihat menyentuh kepalanya.

Ada juga seekor monyet kecil yang berlari naik turun di atas tuts piano. Ada pula yang mencoba menggigit kertas lembaran musiknya.

“Saya terkejut bermain piano dan menemukan bahwa mereka benar-benar mendengarkanmusik saat saya memainkannya,” terangnya dikutip New York Post.

Barton menyebut hal ini sebagai kesempatan bagus untuk melihat hewan liar menjadi diri mereka sendiri.

“Saya tidak akan membiarkan hal-hal itu mengalihkan perhatian dari proyek yang memainkan musik untuk kera yang luar biasa ini,” katanya.

Barton berharap konsernya akan meningkatkan kesadaran tentang kelaparan monyet selama pembatasan turis di negara itu.

“Kita perlu berusaha untuk memastikan mereka makan dengan benar. Dan ketika mereka makan dengan benar mereka akan lebih tenang dan tidak agresif,” ujarnya.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini