Satu-satunya Jalur Evakuasi, Jembatan Gantung Ini Dikeluhkan Warga

Tata Rahmanta, iNews · Rabu 25 November 2020 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 25 512 2315700 satu-satunya-jalur-evakuasi-jembatan-gantung-ini-dikeluhkan-warga-aPOFDJWDhz.png Jembatan untuk evakuasi erupsi Merapi. (Foto: tangkapan layar)

BOYOLALI - Jembatan gantung di Desa Tlogolele, Selo, Boyolali, Jawa Tengah yang menjadi satu- satunya jalur evakuasi saat terjadi erupsi Gunung Merapi dikeluhkan warga karena sempit. Dikhawatirkan bisa menghambat evakuasi, karena warga berebut dan berdesakan untuk lewat.

(Baca juga: Irjen Napoleon Bonaparte 'Seret' Nama Kabareskrim dan Azis Syamsuddin di Persidangan) 

Suwardi, salah seorang warga mengatakan, kondisi jembatan sangat sempit. Jembatan hanya memiliki lebar 2 meter dengan panjang sekitar 25 meter Jembatan itu merupakan satu-satunya jalur untuk evakuasi warga tiga dusun kawasan rawan bencana tiga, yakni Dusun Stabelan, Takeran dan Belang.

“Dikhawatirkan menghambat proses evakuasi jika terjadi erupsi karena warga akan berdesakan dan berebut lewat jambatan. Padahal warga di tiga dusun yang melalui jembatan berjumlah ribuan,” keluh Suwardi, Rabu (25/11/2020).

(Baca juga: Relawan PMI Blusukan Rumah Warga Semprot Disinfektan)

Sementara itu pihak pemerintah desa telah mengajukan bantuan kepada dinas terkait untuk membuat jembatan baru yang lebih luas, karena jembatan gantung ini merupakan jembatan sementara yang dibangun untuk mempercepat evakuasi warga pada erupsi 2010 lalu.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini