BPBD Lumajang Pastikan Pengungsi Gunung Semeru Tetap Terapkan Prokes Covid-19

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 01 Desember 2020 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 01 519 2319441 bpbd-lumajang-pastikan-pengungsi-gunung-semeru-tetap-terapkan-prokes-covid-19-e5fzzqni46.jpg Tempat pengungsian Gunung Semeru (Foto: BPBD Lumajang)

LUMAJANG – BPBD telah menyiapkan posko pengungsian bagi warga di sekitar Gunung Semeru. Pos pengungsian ini ditempatkan di Lapangan Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Kabid Penanggulangan Bencana dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang Wawan Hadi memastikan pihak BPBD telah menyiapkan titik – titik pengungsian di Dusun Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Candipuro.

“BPBD membuka posko Pengungsi di lapangan kamar kajang Desa Sumberwuluh Kecamatan Candipuro,” ujar Wawan Hadi pada Selasa pagi (1/12/2020).

Saat ini sendiri pos pengungsian ditempatkan di tiga titik yakni di Pos Gunung Sawur, SD Supiturang, dan Masjid Al Muttaqin, Gunung Sawur.

Pihak BPBD sendiri juga telah menyiapkan skema penerapan protokol kesehatan Covid-19 dengan memberikan jarak antar satu keluarga dengan satu keluarga pengungsi lainnya.

Baca Juga: Aktivitas Meningkat, 500 Warga Sekitar Gunung Semeru Diungsikan

“Kami pastikan pengungsi tetap harus menerapkan protokol kesehatan Covid-19 selama berada di pengungsian. Makanya kami siapkan dua sekolah di sana dan empat tenda supaya antar pengungsi bisa menjaga jarak satu sama lainnya,” ungkap Wawan.

Kapasitas tenda pengungsian sendiri juga dibatasi, bila sebelumnya satu tenda bisa terisi 50 orang, kini hanya bisa diisi 20 orang demi bisa menjaga jarak satu sama lainnya.

Tak hanya itu, BPBD Lumajang disebut Wawan juga telah membagikan 2.000 masker untuk para pengungsi dan warga sekitar Gunung Semeru.

“Tadi pagi kami mengirimkan membagi masker ada 2.000 masker bagi warga yang terdampak di radius 10 kilometer dari lahar dinginnya,” tukasnya.

Sebelumnya diberitakan sekitar 500 warga di lereng Gunung Semeru mengungsi akibat peningkatan aktivitas vulkanis gunung tertinggi di Jawa Timur.

Gunung Semeru meluncur beberapa kali luncuran awan panas pada Selasa dini hari sejak pukul 01.23 WIB hingga pukul 04.33 WIB. Meski demikian status Gunung Semeru masih berada di waspada level 2.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini