6 Alasan Olly-Steven Berpotensi Menang Pilkada Sulut Menurut LSI Denny JA

Tim Okezone, Okezone · Rabu 02 Desember 2020 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 340 2320406 6-alasan-olly-steven-berpotensi-menang-pilkada-sulut-menurut-lsi-denny-ja-jSSTvB9ibY.jpg Olly Dondokambey (Foto: Doc)

JAKARTA - Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey-Steven Kandouw (ODSK) berpotensi menang di Pilkada 2020. Setidaknya ada enam poin alasan menurut Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA.

Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan, elektabilitas ODSK dari survei LSI Denny JA 65,7% dan meninggalkan jauh rivalnya, Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (Cep-Sehan) yang hanya meraih elektabilitas 26,2 %. Kemudian, Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Corneles Mamengko Runtuwene (Vonnie-Hendry) 5, 5 %. Sementara responden yang belum menentukan pilihan hanya tersisa sebesar 2,6 %.

Baca Juga:  Survei LSI Denny JA: Elektabilitas 65,7%, Olly-Steven di Ambang Dua Periode

Setidaknya ada enam alasan yang menjadikan pasangan petahana ODSK berpotensi menang kembali di Pilkada Sulut 2020. Berikut enam alasan tersebut:

- Pertama, kepuasaan terhadap kinerja di atas 80%. Mereka yang puas terhadap kinerja Olly Dondokambey sebagai gubernur sebesar 85,2%. Dan mereka yang puas dengan kinerja Steven Kandouw sebagai wakil gubernur sebesar 81%. Dan kepuasaan tersebut merata di semua dapil.

- Kedua, persepsi keberhasilan di atas 80%. Mereka yang menyatakan Olly-Steven berhasil memimpin Sulut juga diatas 80%. Yang menyatakan Olly berhasil sebagai gubernur sebesar 85,6%, dan mereka yang menyatakan Steven berhasil sebagai gubernur sebesar 82,5%. Sedangkan mereka yang menyatakan tidak berhasil hanya di bawah 15%.

- Ketiga, ODSK paling dikenal dan paling disukai. Tingkat pengenalan Olly Dondokambey sebagai calon gubernur lebih tinggi dibanding calon gubernur yang lain yaitu sebesar 98,5%. Mereka yang mengenal Christiany Paruntu sebesar 89,3%, dan yang mengenal Vonnie Panambunan sebesar 82,5 %. Tingkat pengenalan Steven Kandouw sebagai calon wakil gubernur juga lebih tinggi dibanding calon wakil gubernur yang lain. Yang mengenal Steven Kandouw sebesar 93,2%, yang mengenal Sehan Landjar sebesar 76,5%, yang mengenal Hendry Runtuwene sebesar 56,4%. Tingkat kesukaan Olly-Seteven juga paling tinggi diatas 80%.

- Keempat, di atas 65% ingin petahana jabat kembali. Tingkat menginginkan kembali Olly Dondokambey menjadi gubernur sebesar 66%. Dan mereka yang tidak berkeinginan hanya sebesar 22%.

Baca Juga:  Usai Test Covid-19, Sebanyak 1.080 Petugas KPPS KPU Kota Bandar Lampung Reaktif

- Kelima, mereka yang berkeinginan petahana terpilih (favorability) di atas 75%. Mereka yang menyatakan sangat berkeinginan/cukup berkeinginan (favorable) pasangan petahana ODSK terpilih sebagai gubernur/wakil gubernur sebesar 75,8%. Yang tidak berkeinginan (unfavorable) hanya sebesar 16.2%. Sedangkan kompetitornya di bawah 50%. Mereka yang berkeinginan Cep-Sehan terpilih sebesar 48%, dan yang tidak ingin sebesar 40,1%. Mereka yang ingin Vonnie-Hendry terpilih sebesar 30,4%, dan yang tidak ingin jauh lebih besar yaitu 40,1 %.

- Keenam, Olly unggul semua aspek personality disbanding cagub lainnya. Ada 8(delapan) aspek personality yang diuji untuk ketiga calon gubernur. Kedelapan aspek tersebut antara lain menyenangkan, jujur, pintar, mamkpu mengambil keputusan dengan tegas, berwibawa sebagai pemimpin, perhatian kepada rakyat, taat beragama, dermawan dan suka menolong. Dari kedelapan aspek tersebut, semuanya diungguli oleh Olly Dondokambey. Persepsi Olly menyenangkan 81,3%, jujur 75,4%, pintar 88,6%, mampu mengambil keputusan tegas 83,4%, berwibawa sebagai pemimpin 86,2%, perhatian kepada rakyat 80,8%, taat beragama 77,2%, dermawan dan suka menolong 80,3%.

Survei LSI Denny JA dilakukan pada 19-25 November 2020 menggunakan 800 responden di semua kabupaten/kota di Sulut. Survei dikerjakan melalui wawancara tatap muka (face to face interview) dengan estimasi margin of error sebesar 3,5 %.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini