Warga Banyuwangi Dikejutkan Paparan Hujan Abu Erupsi Gunung Semeru

Eris Utomo, iNews · Rabu 02 Desember 2020 00:06 WIB
https: img.okezone.com content 2020 12 02 519 2319859 warga-banyuwangi-dikejutkan-paparan-hujan-abu-erupsi-gunung-semeru-pu9mivm2CL.jpg Hujan abu vulkanis Gunung Semeru terbawa sampai Banyuwangi. (Foto : iNews/Eris Utomo)

BANYUWANGI - Warga Banyuwangi, Jawa Timur, dikejutkan dengan sebaran abu yang menempel dan lengket pada jok sepeda motor dan mobil yang dipakir, Selasa (1/12/2020). Warga menduga, abu tersebut merupakan abu vulkanis erupsi dari Gunung Semeru yang terbawa angin hingga sampai Banyuwangi.

Sejumlah warga dikagetkan dengan banyaknya abu yang menempel pada sepeda motor mereka yang dipakir. Bintik- bintik berwarna abu-abu dan lengket tersebut, merata di permukaan motor. Warga menduga abu tersebut merupakan abu vulkanik erupsi Gunung Semeru yang berlokasi di Lumajang, terbawa angin hingga Banyuwangi.

“Saya lihat banyak putih-putih kayanya kena hujan abu dari Semeru. Tadi sempet di jalan mata sedikit perih. Saya kira ada binatang ini motor-red) saya tinggal setengah jam sudah putih-putih ini. Saya kira ini dari Semeru,” kata seorang warga, Ivan Alvandi, Selasa (1/12/2020).

Begitu pula dengan warga lainnya bernama Teguh. Kendaraannya yang baru ditinggal sebentar langsung kotor diduga terkena abu vulkanis dari Gunung Semeru.

“Barusan saya habis makan tiba-tiba mau pulang lihat kendaraan kotor semua. Saya lihat ada seperti abu vulkanis. Mungkin dari Semeru sampai ke sini,” ujarnya.

Bukan hanya permukaan sepeda motor, mobil yang dipakir juga terdapat paparan abu yang merata di permukaan kap mobil.

Baca Juga : BPBD Lumajang Pastikan Pengungsi Gunung Semeru Tetap Terapkan Prokes Covid-19

Selain itu, warga juga merasakan paparan abu tersebut terasa pedih di mata saat melakukan perjalanan.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini