Garda Nasional Dikerahkan ke Washington DC untuk Hadapi Demo Pendukung Trump

Agregasi VOA, · Selasa 05 Januari 2021 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 05 18 2339311 garda-nasional-dikerahkan-ke-washington-dc-untuk-hadapi-demo-pendukung-trump-MpXiL8IbH6.jpg Foto: Reuters.

WASHINGTON - Wali Kota Washington, D.C. pada Senin (4/1/2021) mengaktifkan sekira 340 personel Garda Nasional untuk menghadapi demonstrasi yang berpotensi memicu kekerasan. Presiden Donald Trump menyerukan demonstrasi besar-besaran pada 6 Januari di saat Kongres Amerika Serikat (AS) bersidang untuk menetapkan hasil pemilihan presiden dan menegaskan kemenangan Joe Biden.

Menurut seorang pejabat pertahanan AS, Wali Kota Muriel Bowser mengajukan permintaan pada Malam Tahun Baru agar anggota Garda Nasional turun ke jalan dari 5 Januari hingga 7 Januari, untuk membantu menghadapi sejumlah aksi protes.

BACA JUGA: Tolak Hasil Pilpres, Trump Umumkan Demonstrasi Besar-besaran 6 Januari

Pejabat itu mengatakan anggota Garda Nasional D.C. akan digunakan untuk pengendalian lalu lintas dan bantuan lainnya, tetapi mereka tidak akan dipersenjatai atau mengenakan pakaian pelindung tubuh.

Kongres AS bertemu pekan ini untuk mengesahkan hasil Electoral College, dan Presiden Donald Trump telah menolak untuk mengakui kekalahan sementara mengobarkan dukungan untuk protes.

Dalam jumpa pers pada Senin (4/1/2021), Bowser meminta agar orang menjauh dari pusat kota Washington, D.C. dan menghindari konfrontasi dengan siapa pun yang “mencari gara-gara”. Namun, dia memperingatkan, “kami tidak akan membiarkan orang menghasut kekerasan, mengintimidasi penduduk kami atau menyebabkan kehancuran di kota kami.”

Karena D.C. tidak memiliki gubernur, komandan Garda Nasional yang ditunjuk untuk ibu kota adalah Menteri Angkatan Darat Ryan McCarthy. Setiap permintaan pasukan Garda Nasional dari Kota Washington, D.C. harus disetujui olehnya, demikian diwartakan VOA.

BACA JUGA: Kongres AS Bersidang, Trump Akan Mati-matian Berupaya Gagalkan Kemenangan Biden

Pejabat pertahanan itu mengatakan tidak akan ada pasukan militer aktif di kota itu, dan militer AS tidak akan menyediakan pesawat atau intelijen apa pun.

Pasukan Garda Nasional Washington, D.C. akan menyediakan tim khusus yang akan siap untuk menanggapi setiap insiden kimia atau biologis. Namun, pejabat itu mengatakan tidak akan ada anggota Garda Nasional yang ditugaskan di National Mall atau di Gedung Kongres Amerika Capitol.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini