Gelar Resepsi Tahun Baru, Keluarga Kerajaan Jepang Pakai Masker Tanpa Tiara

Susi Susanti, Koran SI · Jum'at 08 Januari 2021 09:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 08 18 2340934 gelar-resepsi-tahun-baru-keluarga-kerajaan-jepang-pakai-masker-tanpa-tiara-vJkxDRAaP7.jpg Foto: Daily Mail

JEPANG - Keluarga kekaisaran Jepang terlihat mengenakan masker tanpa tiara selama resepsi Tahun Baru, seiring langkah Tokyo mengumumkan keadaan darurat karena lonjakan Covid-19.

Kaisar Naruhito, 60 dan Permaisuri Masako, 57, ambil bagian dalam Resepsi Tahun Baru di Tokyo, bersama dengan 12 anggota keluarga kerajaan kekaisaran dan 230 tamu lainnya.

Para tamu undangan termasuk saudara laki-laki Naruhito, Putra Mahkota Fumihito Akishino, yang paling dikenal sebagai Pangeran Akishino, istrinya Putri Kiko dan dua putri mereka Putri Mako, 29, dan Kako, 26.

Resepsi yang menghadirkan sekitar 758 tamu pada 2020 itu hanya dihadiri 230 orang tahun ini. Semua tamu memakai masker dengan pedoman menjaga jarak.

Dikutip Daily Mail, Kaisar dan istrinya tampak santai dan tenang selama acara di Tokyo. Permaisuri Masako mengenakan gaun putih adat dengan lengan panjang dan sarung tangan aksesori dengan ikat pinggang merah dan emas keluarga kekaisaran.

(Baca juga: Anak Jutawan 19 Tahun Pukul Anak 15 Tahun dengan Kunci Inggris Hingga Tewas)

Putri Kiko, Mako dan Kako juga mengenakan gaun putih dengan gaya berbeda. Putri Kiko memakai lengan panjang seperti kakak iparnya dan putri yang lebih muda mengenakan lengan pendek.

Semua Putri juga mengenakan sarung tangan putih dan sabuk merah dan emas kekaisaran.

Semua rambut wanita ditata rapi, dan memakai riasan kecil. Sedangkan pria memakai tuksedo.

Dalam hal perhiasan, Masako, Kiko, Mako, dan Kako semuanya mengenakan kalung mutiara. Permaisuri dan saudara iparnya sama-sama mengenakan anting-anting mutiara yang serasi.

Penampilan ini sangat kontras dengan tahun lalu. Saat itu, Kiko mengenakan tiara mewah pada resepsi pertamanya sebagai Permaisuri setelah Naruhito naik tahta krisan pada Mei 2019. Tiara ini terbuat dari berlian, begitu pula anting-antingnya. Dia juga mengenakan kalung berlian di lehernya, dengan gelang berlian yang serasi.

Putri Kiko, Mako, dan Kiko juga mengenakan permata berkilauan untuk acara tersebut, seperti yang dilakukan oleh anggota wanita keluarga kekaisaran lainnya.

Pasangan kerajaan menandai Tahun Baru dengan pesan video yang dibagikan kepada publik. Biasanya, burung gagak berkumpul di bawah balkon Istana Kekaisaran di Tokyo untuk melihat sekilas ke arah kaisar dan keluarganya.

Dalam pidato tahunannya, Kaisar mengakui kesulitan yang ditimbulkan pandemi ke Jepang, dan mengucapkan terima kasih kepada staf perawatan kesehatan yang bekerja tanpa lelah sepanjang tahun 2020.

“Selama setahun terakhir ini, kita semua menghadapi banyak masalah dan kesulitan terkait penyebaran virus korona yang tidak diketahui yang bagi sebagian besar dari kita yang hidup di zaman ini belum pernah alami dalam skala seperti itu,” terangnya.

Dia juga khawatir dengan diskriminasi yang diderita oleh mereka yang pernah sakit atau bekerja di bidang medis.

“Saya berharap dengan segenap hati untuk dapat bertemu dengan kalian semua lagi, secara langsung,” ujarnya. Dia juga mempersembahkan doanya untuk perdamaian dunia.

Sementara itu, Permaisuri Masako, yang biasanya lebih suka menutup diri, ikut bergabung dengan suaminya dalam mengirimkan pesan dukungan kepada publik Jepang selama pidato tersebut.

Dia mengatakan Selamat Tahun Baru di awal pesan dan berbicara selama 30 detik terakhir dalam pidato yang berlangsung hampir tujuh menit.

“Saya berdoa dari lubuk hati saya yang paling dalam agar tahun ini menjadi tahun yang selembut mungkin bagi Anda semua. Musim dingin ini sangat keras dengan salju lebat di beberapa daerah lebih awal dari biasanya, jadi harap semua orang tetap sehat,” urai Masako.

Pesan video itu adalah yang pertama bagi Naruhito. Sebelumnya, ayahnya Kaisar Emeritus Akihito telah membuat pesan video dua kali. Yakni setelah bencana tsunami di timur laut Jepang pada 2011 dan ketika dia mengumumkan pengunduran dirinya pada 2016.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini