Tanah Longsor Tutup Jalan Trans-Sulawesi Akibat Gempa Sulbar

Herman Amiruddin, Okezone · Sabtu 16 Januari 2021 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 16 340 2345514 tanah-longsor-tutup-jalan-trans-sulawesi-akibat-gempa-sulbar-T9d38gGyIv.jpg Longsor di Maros akibat Gempa Sulbar (Foto: Okezone)

MAKASSAR - Akses Jalan Trans Sulawesi di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan terputus akibat dampak gempa di Sulawesi Barat. Akses jalan menuju Kabupaten Bone tersebut putus setelah material longsor dari tebing yang berada dipinggir jalan dan menimbun bahu jalan, yang diakibatkan dampak gempa susulan di Sulbar.

Kepala BPBD Maros, Fadli mengatakan saat ini materaial tanah yang menutup akses bahu jalan sementara di bersihkan.

"Saat ini kita melakukan pembersihan batu batu yang menghalangi dan membuka akses jalan agar bisa dilalui kendaraan. Tidak ada korban. Sekarang macet total. Kita berharap arus transportasi bisa berjalan," kata Fadli kepada MNC Portal di lokasi runtuhnya material longsor.

Sementara itu PPK 3.1 BBPJN Makassar, Leo Laetemia mengatakan longsor yang terjadi di poros trans sulawesi tersebut akibat dari gempa susulan yang terjadi di Sulbar.

"Itu infonya 07.45 akibat ada gerakan tanah akibat gempa jam 5 tadi pagi. Jadi pengaruhnya akibat gempa (Sulbar) jadi memang ada kondisi tidak stabil," ujar Leo.

Karena adanya pergeseran tanah akibat gempa susulan di Sulbar berkekuatan 5.0 skala richter. Akibat longsor ini membuat ruas jalan yang menghubukan Kabupaten Maros dan Bone serta sejumlah kabupaten lainnya di Sulsel ini, menjadi lumpuh total.

"Jadi memang ada beberapa yang kondisinya tidak stabil karena duduk dibatuan kapur gitu. Kita akan pikirkan bagaimana penanganan selanjutnya," lanjut Leo.

Hingga kini petugas gabunga masih terus melakukan upaya pembersihan di sekitar material longsor. Dimana titik longsor terjadi di dua titik di poros trans sulawesi yang menghubungkan Maros dan Kabupaten Bone.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini