Gempa M5,5 Guncang Maluku Tenggara

Fahmi Firdaus , Okezone · Rabu 20 Januari 2021 13:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 20 340 2347653 gempa-m5-5-guncang-maluku-tenggara-3I3Ogv8yfh.jpg foto: ist

JAKARTA - Gempa dengan kekuatan magnitudo 5,5 mengguncang Maluku Tenggara pada Rabu (20/1/2021) siang. Namun gempa itu tidak berpotensi tsunami.

(Baca juga: Komjen Listyo Sigit: Tidak Ada Lagi Polisi yang Tilang di Jalanan!)

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Raditya Jati berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa tersebut berlokasi 112 km Barat Daya Maluku Tenggara, dengan titik koordinat 5.91 Lintang Selatan, 131.75 Bujur Timur.

(Baca juga: Listyo Sigit Wajibkan Anggota Polri Baca Kitab Kuning)

BMKG mengidentifikasi pusat gempa ada pada kedalaman 10 km. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maluku Tenggara melaporkan gempa tidak dirasakan di Maluku Tenggara, dan belum ada laporan kerusakan maupun korban akibat gempa tersebut,” ujar Raditya dalam keterangannya.

Sementara menurut analisis kajian InaRisk, Kabupaten Maluku Tenggara memiliki potensi bahaya gempa bumi sedang hingga tinggi. BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siaga dalam menghadapi potensi bahaya gempa bumi. Masyarakat dapat mengakses aplikasi InaRISK melalui telepon pintar untuk mengetahui risiko bahaya di sekitar.

“Masyarakat juga dihimbau untuk memantau portal BMKG untuk mengetahui berbagai informasi gempa terkini dan potensi cuaca untuk menghindari informasi tidak benar yang meresahkan masyarakatm,” pungkasnya.

(fmi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini