5 ABK Hilang Akibat Tabrakan Kapal di Perairan Gresik, Ini Identitasnya

Lukman Hakim, Koran SI · Sabtu 23 Januari 2021 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 23 519 2349642 5-abk-hilang-akibat-tabrakan-kapal-di-perairan-gresik-ini-identitasnya-MEa8tCPboR.jpg foto: ist

SURABAYA – Peristiwa tabrakan kapal terjadi antara Kapal Motor (KM) Tanto Bersinar dengan kapal Tugboat (TB) Mitra Jaya XIX yang menggandeng kapal Tongkang (TK) Makmur Abadi 5. Kecelakaan kapal terjadi di area Bouy 3 area pengeboran lepas pantai RIG West Madura offshore (WMO) alur pelayaran barat Surabaya (APBS).

(Baca juga: Tabrakan dengan Kapal Tanto Bersinar, Kapal Mitra Jaya Hilang di Perairan Gresik)

Akibat kejadian tersebut, sebanyak delapan kru kapal TB Mitra Jaya XIX hilang kontak. Tiga diantaranya berhasil diselamatkan nelayan setempat. Ketiganya kemudian diamankan di Pulau Karang Jamuang.

Adapun nama-nama kru TB. Mitra Jaya XIX adalah Sharul (45) nakhoda, Fatkhur (48) Himawan CH. (27), Arif Maulana (47), Larusman (26), La Ode Ahmad S (20), Ulil Amri (57) dan Budiantoro (50).

"Penyebab tabrakan kapal masih dalam proses penyelidikan," kata Direktur Polairud Polda Jatim Kombes Pol Arnapi, Sabtu (23/1/2021).

Dari keterangan saksi dijelaskan, peristiwa ini bermula Kapal TB Mitra Jaya XIX menggandeng Kapal TK Makmur Abadi 5 yang dinahkodai Syahrul (45th). Kapal ini membawa delapan 8 kru tugboat dan dua kru tongkang dari Pelabuhan Sungai Puting Kalimantan Selatan. Kapal ini membawa muatan Crude Palm Oil (CPO) dan berangkat dengan tujuan pelabuhan Gresik.

Kapal ini melintasi perairan area Bouy 3 (RIG pengeboran lepas pantai WMO). Tiba-tiba ditabrak dari arah depan oleh kapal KM Tanto Bersinar yang berangkat dari Surabaya menuju tujuan pelayarannya.

Akibat tabrakan tersebut, kapal TB Mitra Jaya XIX hilang kontak. TK Makmur Jaya 5 juga mengalami robek pada bagian lambung kiri. Sehingga menimbulkan kebocoran.

Tongkang yang mengalami kemiringan dan bocor tersebut dievakuasi oleh kapal lain milik perusahaan tersebut untuk dicarikan tempat yang aman.

"Dua orang kru tongkang. Makmur Abadi 5 atas nama Agung Dwi Prayitno (20) dan Basuni (53) saat ini masih di atas tongkang yang bocor dan dalam keadaan selamat. "Untuk sementara KM Tanto Bersinar diamankan oleh Patroli AL KRI yang melintas di sekitar TKP," tandas Arnap

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini