Biden Hadiri Misa Pertamanya Bersama Anak dan Cucu

Susi Susanti, Koran SI · Senin 25 Januari 2021 05:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 01 25 18 2350096 presiden-biden-hadiri-misa-pertamanya-bersama-anak-dan-cucu-PIEC4q3gxx.jpg Foto: Reuters

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menghadiri Misa untuk pertama kalinya sejak dilantik.

Dia beribadah hari Minggu (24/1) di gereja yang sering dia kunjungi ketika menjadi wakil presiden (wapres).

Biden memilih Gereja Katolik Holy Trinity di lingkungan Georgetown Washington, beberapa mil dari Gedung Putih. Di situlah satu-satunya presiden Katolik negara lainnya, John F Kennedy, sering pergi ke Misa.

Biden masuk melalui sisi depan depan, tempat spanduk Black Lives Matter digantung di satu sisi dan spanduk dengan kutipan dari Paus Francis ada di sisi lain. “Kami tidak dapat mentolerir atau menutup mata terhadap rasisme dan pengucilan dalam bentuk apa pun, namun mengklaim untuk mempertahankan kesucian hidup setiap manusia,” tulis kutipa Paus tersebut.

Melalui percakapan singkat dengan wartawan, Presiden mengatakan layanan itu “menyenangkan”. Dia ditemani putranya Hunter, dan dua cucunya, Finnegan, 21, dan Maisy, 20.

Dikutip Daily Mail, iring-iringan mobilnya berhenti sebentar dalam perjalanan kembali ke Gedung Putih untuk mampir ke toko makanan populer di dekat gereja. “Call Your Mother”. Presiden tetap berada di kendaraan lapis baja, sementara putranya mengambil pesanan.

(Baca juga: Pasca-Terjadi Pembunuhan, PBB Khawatir Keselamatan Penghuni Kamp Al Hol Suriah)

Sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki mengatakan kepada wartawan pada Jumat (22/1), Biden belum diketahui apakah akan terus beribadah di gereja di ibu kota negara itu. Tapi dia berharap Biden akan terus menghadiri kebaktian secara teratur selama masa kepresidenannya.

Di rumah Biden di Delaware, dia dan istrinya, Jill, adalah pengunjung tetap di St Joseph di Brandywine di Greenville. Mereka berganti-ganti antara layanan Sabtu dan Minggu tergantung pada jadwal perjalanan mereka sepanjang kampanye 2020.

Dia memiliki banyak pilihan paroki di Washington. Yakni empat gereja Katolik dalam jarak dua mil dari Gedung Putih. Adapun gereja yang didatangi Biden sedikit lebih jauh.

(Baca juga: Demo Tolak Jam Malam di Belanda Rusuh, Lebih 100 Orang Ditahan)

Tidak jauh dari Gedung Putih ada gereja New York Avenue Presbyterian, yang mempertahankan bangku tempat Abraham Lincoln pernah beribadah.

Yang lebih dekat lagi adalah Gereja Episkopal St John, dapat dilalui dengan berjalan kaki melintasi Lafayette Square dari Gedung Putih untuk para presiden yang telah melakukan praktik bersejarah beribadah di sana setidaknya sekali.

St John sempat menjadi berita utama musim panas ini ketika polisi secara paksa membubarkan pengunjuk rasa sehingga mantan Presiden Donald Trump kala itu dapat berpose dengan Alkitab di luar pintu depannya yang berwarna kuning mentega.

Diketahui, pada pagi hari saat pelantikannya, Biden dan keluarganya, bersama dengan para pemimpin Kongres dari Partai Demokrat dan Republik, menghadiri kebaktian di salah satu gereja tersebut, Katedral Santo Matius sang Rasul. Gereja ini menjadi tuan rumah layanan pemakaman Kennedy pada tahun 1963.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini