Share

Militer Myanmar Sebut Suu Kyi Ditahan Terkait "Kecurangan Pemilu"

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 01 Februari 2021 10:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 01 18 2354236 militer-myanmar-sebut-suu-kyi-ditahan-terkait-kecurangan-pemilu-dTXiJcl2e2.jpg Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi. (Foto: Reuters)

NAYPYIDAW – Militer Myanmar mengatakan bahwa pemimpin pemerintahan, Aung San Suu Kyi ditangkap terkait dugaan “kecurangan” pada pemilihan umum pada November, yang dimenangkan secara telak oleh partai NLD pimpinan Suu Kyi.

Aung San Suu Kyi ditangkap dini hari bersama sejumlah tokoh pemerintahan lainnya, termasuk Presiden Win Myint, dalam sebuah penggerebekan oleh tentara pada Senin (1/2/2021) dini hari. Penangkapan itu memunculkan dugaan telah terjadinya kudeta oleh militer Myanmar.

BACA JUGA: Pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi dan Tokoh Senior Lainnya Ditangkap Aparat

Tentara Myanmar mengatakan telah melakukan penahanan sebagai tanggapan atas "kecurangan dalam pemilu", menurut pernyataan yang diumumkan di stasiun televisi milik militer sebagaimana dilansir Reuters.

Seorang juru bicara militer tidak menjawab panggilan telepon untuk meminta komentar lebih lanjut.

Menyusul penangkapan itu, militer Myanmar terlihat turun ke jalan-jalan di Ibu Kota Naypyidaw dan jaringan internet dilaporkan terputus.

Juru Bicara NLD Myo Nyunt meminta agar warga Myanmar tidak bertindak gegabah setelah penangkapan ini.

BACA JUGA: Diduga Kudeta Militer Myanmar, Tentara Turun ke Jalan dan Internet Putus

"Saya ingin memberi tahu orang-orang kami untuk tidak menanggapi dengan gegabah dan saya ingin mereka bertindak sesuai dengan hukum," katanya kepada Reuters, seraya menambahkan bahwa dia sendiri diperkirakan akan ditangkap.

Suu Kyi, yang memenangi Nobel Perdamaian pada 1991, berkuasa di Myanmar setelah menang telak dalam pemilu 2015. Dia menjadi sorotan pada 2017 setelah ratusan ribu Rohingya melarikan diri dari operasi militer ke pengungsian dari negara bagian Rakhine barat Myanmar

Baca Juga: Tidak Hanya Berantas Pencurian Ikan, Ini Bukti Nyata Ketegasan KKP

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini