Dikendalikan Warga Asing, Dua Komplotan Skimming Curi Uang Nasabah Rp3 Miliar

Indira Arri, RCTI · Selasa 09 Februari 2021 16:06 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 244 2359265 dikendalikan-warga-asing-dua-komplotan-skimming-curi-uang-nasabah-rp3-miliar-tLuQvOhlEV.jpg Polda Bali menangkap pelaku skimming (Foto: Indira Arri)

DENPASAR - Dua kelompok pencuri data nasabah atau skimming dibekuk jajaran Direktorat Kriminal Khusus Polda Bali. Uang senilai Rp3 miliar uang nasabah dari tujuh bank nasional dibobol komplotan yang dikendalikan warga asing yang mendekam di Lapas Lerobokan dalam kasus yang sama.

Dua kelompok pelaku skiming yang diamankan jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Bali yakni kelompok pertama pelaku berinisial AS, EI istri AS, PR dan CD. Mereka dikendalikan seorang narapidana warga Bulgaria yang mendekam di lapas dalam perkara serupa.

Baca Juga:  Pelaku Pembunuhan Weni Tania Ternyata Residivis Kasus Pencurian

Sementara kelompok kedua yakni JN, AM, dan MS dikendalikan oleh seorang warga Malaysia. Kedua kelompok ini menggunakan modus yang serupa, yakni mencuri data nasabah dengan cara merekam nomor pin menggunakan kamera tersembunyi berukuran kecil saat nasabah menggunakan mesin ATM. Selanjutnya data nasabah tersebut direkam di dalam kartu berpita magnetik.

Wadirkrimsus Polda Bali AKBP Ambariyadi Wijaya mengatakan, akibat ulah para pelaku, salah satu dari tujuh bank nasional mengalami kerugian hingga Rp3 miliar. Para pelaku mendapat upah 10 persen dari pemasangan kamera tersembunyi di mesin ATM.

Barang bukti sejumlah kamera tersembunyi berukuran mini, laptop, ribuan kartu berpita magnet, laptop serta uang tunai diamankan petugas. Mereka diancam Pasal 30 junto Pasal 46 Undang-Undang RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik dengan ancaman pidana hingga delapan tahun penjara.

Baca Juga: 10 Siasat agar Terhindar dari Kejahatan Siber, Kamu Pilih Cara Mana?

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini