BMKG: Cuaca Ekstrem di Jawa Barat Akan Terus Terjadi 3 Hari Mendatang

Ervand David, iNews · Selasa 09 Februari 2021 07:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 09 525 2358932 bmkg-cuaca-ekstrem-di-jawa-barat-akan-terus-terjadi-3-hari-mendatang-gjZTGCfbFY.jpg Ilustrasi (Dokumentasi Okezone)

BANDUNG - Cuaca ekstrem yang melanda hampir di seluruh wilayah Jawa Barat diprediksi akan terus terjadi hingga tiga hari mendatang. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dengan potensi bencana akibat cuaca buruk.

BMKG bandung memprediksi untuk tiga hari mendatang seluruh wilayah Jawa Barat akan berpotensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang. Hal tersebut memicu bencana alam seperti banjir, tanah longsor dan banjir bandang.

Daerah yang diprediksi terdampak banjir dan banjir bandang akibat cuaca ekstrim yaitu, daerah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Sukabumi dan Cianjur. Sedangkan daerah yang rawan longsor berada di Kabupaten dan Kota Bekasi, Kabupaten Kota Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Garut.

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Berpotensi Melanda 20 Wilayah Indonesia Hari Ini, di Mana Saja?

Menurut Kepala BMKG Bandung, Teguh Rahayu cuaca ekstrim ini diakibatkan oleh pertemuan arah angin dari Asia dan Australia yang membentuk anomali penguatan arah angin, sehingga membentuk curah hujan yang cukup tinggi di Jawa Barat.

"Masyarakat diimbau agar tetap waspada dengan cuaca ekstrem yang melanda Jawa Barat pada tiga hari mendatang," jelasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini