Bantaran Sungai Bengawan Solo Ditumbuhi "Pohon Sampah"

Dedi Mahdi, iNews · Kamis 11 Februari 2021 08:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 11 510 2360249 bantaran-sungai-bengawan-solo-ditumbuhi-pohon-sampah-PcmKfLHQ1Y.jpg Sampah limbah rumah tangga menempel di pohon yang tumbuh di bantaran Sungai Bengawan Solo/Foto: Dedi Mahdi-iNews

BOJONEGORO - Bantaran Sungai Begawan Solo di Bojonegoro, Jawa Timur dihiasi pemandangan tidak lazim. Setelah terjadi banjir, di pinggiran sungai tersebut tumbuh pohon sampah.

Jejeran "pohon sampah' tersebut mendadak terlihat setelah Sungai Bengawan Solo surut. Banyak sampah atau tumpukan sampah tersangkut di atas pohon di sepanjang bantaran sungai.

Pantaun di lokasi, Kamis (11/2/2021), "pohon sampah" ini terlihat di Kelurahan Ledok Kulon, Kecamatan Kota, Kabupaten Bojonegoro. Tumpukkan sampah tersebut menjadi masalah baru.

Hampir semua pohon berjenis Kersen ini daunya nyaris tak terlihat. Kini, dauun yang menghiasi ranting berganti sampah yang mayoritas merupakan plastik.

Baca juga: Sungai Bengawan Solo Dipenuhi Sampah Popok, Warga Mengeluh Bau

Pohon sampah

Sampah berasal dari wilayah hulu yang terseret arus sungai. Selain plastik, Sungai Bengawan Solo juga dipenuhi sampah popok. Tumpukan popok tersebut terlihat di bawah jembatan Kaliketek, penghubung Bojonegoro dengan Tuban.

Pemerintah setempat berulang kali meminta masyarakat tidak membuang sampah ke Sungai Bengawan Solo. Sampah tersebut bisa merusak lingkungan, baik di sungau maupun di laut.

(fmh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini