Waspada, Longsor Batu Seukuran Mobil Berpotensi Ancam Warga Prambanan

INews.id, · Jum'at 12 Februari 2021 23:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 12 510 2361218 waspada-longsor-batu-seukuran-mobil-berpotensi-ancam-warga-prambanan-UpQx2x0VAW.jpg Batu besar timpa rumah warga. (Foto : Ist)

SLEMAN – Ancaman longsor batu berukuran besar masih berpotensi terjadi di Sambirejo, Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Setidaknya masih ada sekitar tujuh batu seukuran mobil yang ada di atas bukit setinggi 10 meter.

“Kalau itu longsor bisa mengenai dua rumah warga di bawahnya. Tetapi, kalau kanan kirinya ikut longsor bisa tujuh rumah,” kata Kepala Seksi Mitigasi Bencana BPBD Sleman Joko Lelono, Jumat (12/2/2021).

Secara umum kondisi tujuh batu yang ada adi atas bukit ini masih cukup aman. Posisi batu masih di lokasi awal dengan struktur batuan masih menembel dengan batuan induknya. Harapannya ketika ada hujan deras mengguyur kawasan ini, batuan ini masih menempel dan tidak ikut longsor.

Sebelumnya, pada Selasa (9/2/2021) sebuah batu berukuran cukup besar longsor dan menimpa rumah wrga di Gunungsari, Sambirejo, Prambanan. Kondisi batu ini sudah patah dan tidak tersambung dengan batuan induk. Akibatnya ketika hujan deras tanah dibawahnya menjadi labil dan menggerus sehingga longsor.

BPBD saat ini melakukan pemetaan potensi batu besar yang terancam longsor. Selain di Sambirejo, juga di wilayah Madurejo dan Bokoharjo. Selama ini longsoran kecil kerap terjadi di Gunung Sari dan Gunung Cilik.

Baca Juga : Diguyur Hujan Deras, Batu Berukuran Besar Timpa Rumah Warga

“Kami belum bisa melangkah lebih jauh, kalau memang cuacanya ekstrem, kami saranya mengungsi ke tempat yang aman,” katanya.

Baca Juga : Kebumen Longsor, Dua Korban Tewas Ditemukan di Dekat Rumah


(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini