Saksi Korupsi Dana Hibah Pariwisata Buleleng Kembalikan Rp24 Juta

Pande Wismaya, iNews · Senin 15 Februari 2021 13:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 15 340 2362281 saksi-korupsi-dana-hibah-pariwisata-buleleng-kembalikan-rp24-juta-hm8iK20ldo.jpg Kejaksaan Negeri Buleleng. (Foto : iNews/Pande Wismaya)

BULELENG - Kejaksaan Negeri (Kejari) Buleleng, Bali memeriksa 20 saksi korupsi dana hibah pariwisata. Salah satu saksi yang merupakan vendor atau rekanan mengembalikan uang senilai Rp24 juta.

"Hari ini kita ada penyitaan lagi dari rekanan yang membawakan uang untuk disita Rp24 juta," ujar Kasi Intel Kejari Buleleng, Anak Agung Jayalantara, Senin (15/2/2021).

Dalam kasus ini, Kejari Buleleng telah menetapkan delapan orang tersangka yang merupakan pejabat Dinas Pariwisata Buleleng.

Modus yang dilakukan para tersangka menurutnya terbilang klasik, sehingga para rekanan mau tidak mau mengikuti alur tersebut. Rekanan diminta menyetor sejumlah uang kepada tersangka, yang hal itu dilakukan di tiap tingkatan struktural.

"Modusnya klasik. Masing-masing tingkat struktural itu beda-beda. Ada yang dapat Rp10 juta, Rp6 juta, tergantung kegiatannya juga," tuturnya.

Menurutnya, jumlah uang yang disetorkan kepada para tersangka itu hampir setengahnya. Uang yang seharusnya bisa untuk dua kegiatan hanya sekali kegiatan.

"Hampir setengah yang mereka ambil. Seharusnya bisa dua kali kegiatan, tapi hanya sekali," katanya.

Terkait kasus tersebut, Kejari Buleleng hari ini melakukan pemeriksaan maraton 20 saksi. Materi pemeriksaan para saksi terkait program Explore Buleleng dan bimbingan teknis yang dilaksanakan Dinas Pariwisata Buleleng.

Baca Juga : Korupsi Dana Hibah Rp656 Juta, 8 Pejabat Dinas Pariwisata Buleleng Jadi Tersangka

"Karena peran mereka berbeda-beda. Satu saksi bisa diperiksa untuk beberapa tersangka," ujarnya.

Setelah pemeriksaan para saksi, Kejari Buleleng menjadwalkan pemeriksaan delapan tersangka kasus ini mulai Selasa besok. Pemeriksaan dijadwalkan akan berlangsung selama dua hari.

Baca Juga : 8 Pejabat Buleleng Tersangka Korupsi, Bupati Putu Suradnyana: Saya Prihatin

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini