Share

Cuaca Sangat Dingin Selimuti AS Tengah hingga Selatan

Agregasi VOA, · Selasa 16 Februari 2021 05:55 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 18 2362664 cuaca-sangat-dingin-selimuti-as-tengah-hingga-selatan-PwIFGYdaiM.jpg Cuaca sangat dingin selimuti Texas (Foto: Reuters)

TEXAS - Lebih dari 150 juta orang di Amerika Serikat (AS) bagian tengah dan selatan mendapat peringatan badai musim dingin pada Senin (15/2). Suhu sangat dingin menyelimuti AS dari Teluk Meksiko hingga perbatasan Kanada.

Texas mengalami cuaca musim dingin terburuk di negara bagian itu. Pekan lalu wilayah itu dilanda badai es yang menyebabkan kecelakaan lalu lintas mematikan yang melibatkan 100 kendaraan.

Pada Minggu (14/2), sebagian besar negara bagian itu didera oleh hujan salju, es dan suhu yang luar biasa dingin. Termometer di Bandara Internasional Houston pada Senin pagi (15/2) mencatat suhu -8,3 derajat Celcius, suhu terdingin di sana dalam 32 tahun.

Para pejabat listrik di negara bagian itu mengatakan badai dan suhu dingin mengunci turbin angin pada Minggu (14/2), mengurangi daya kekuatan yang dihasilkan.

(Baca juga: WHO Setujui Vaksin Covid-19 AstraZeneca, Akan Didistribusikan ke Negara Miskin)

Sementara itu, cuaca dingin menyebabkan permintaan akan energi meningkat, sehingga memicu perusahaan-perusahaan listrik untuk mengimplementasikan pemadaman bergilir.

Para pejabat mengatakan sedikitnya 2,5 juta orang mengalami pemadaman listrik Senin pagi (15/2). Gubernur Texas Governor Greg Abbott telah menghubungi Presiden AS Joe Biden. Biden pun menyatakan keadaan darurat di Texas pada Minggu (14/2) dan meminta instansi-instansi AS untuk berkoordinasi.

(Baca juga: Kudeta Militer Myanmar, Demonstran Diancam Penjara 20 Tahun)

Para peramal cuaca mengatakan Texas dan wilayah AS bagian tengah lain kemungkinan akan mengalami suhu sangat dingin hingga Selasa (16/2). Tapi cuaca dingin itu juga telah bergerak ke arah timur. Louisiana termasuk diantara beberapa negara bagian yang mendapat peringatan badai musim dingin. Salju, es dan suhu pada atau di bawah titik beku telah melanda banyak bagian Louisiana.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini