Covid-19 Serang Kucing di Korsel, Gejalanya Mirip dengan Manusia

Agregasi Solopos, · Selasa 16 Februari 2021 07:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 16 18 2362683 covid-19-serang-kucing-di-korsel-gejalanya-mirip-dengan-manusia-24EbzC71By.jpg Kucing terinfeksi virus Covid-19 (Foto: SciTech Daily)

SEOUL - Seekor kucing yang tinggal bersama pasien Covid-19 di Seoul, Korea Selatan (Korsel) dilaporkan ikut terinfeksi virus corona. Hal itu diketahui setelah kucing tersebut menjalani pemeriksaan.

Seperti dikutip The Korea Times pada Senin (15/2), kucing betina berusia lima tahun itu menjalani pemeriksaan kesehatan pada Sabtu (13/2).

Pemeriksaan dilakukan setelah sang kucing menunjukkan gejala mirip pasien Covid-19, termasuk di antaranya adalah muntah-muntah dan terlihat lesu.

Hasil pemeriksaan yang keluar pada Minggu (14/2) menunjukkan kucing tersebut positif Covid-19 dan harus dikirim ke Pusat Kesejahteraan Hewan Seoul untuk dikarantina dan mendapatkan perawatan.

“Kucing itu dirawat di pusat kesejahteraan hewan karena pemiliknya semuanya dinyatakan positif dan tidak dapat menjaganya,” kata seorang pejabat di Seoul.

(Baca juga: Kisah Para Korban yang Selamat dari Longsor Gletser Himalaya, "Tujuh Jam Tersulit dalam Hidup Saya")

Kucing warga Seoul itu tampaknya memiliki kasus Covid-19 ringan. Menurut pemerintah kota, kucing tersebut dapat dilepaskan sebelum masa karantina 14 hari berakhir, jika berhenti menunjukkan gejala dan hasil tes negatif dalam tes berikutnya.

Meski dikatakan tidak ada bukti jika virus corona dapat ditularkan dari hewan ke manusia, warga Korsel diminta menjaga anjing mereka setidaknya dua meter dari orang dan hewan lain saat berjalan-jalan.

Sebelumnya, Pejabat Pengendalian Penyakit Pemerintah Kota Seoul Park Yoo-mi mengatakan pihaknya akan melakukan pemeriksaan terhadap anjing dan kucing peliharaan masyarakat setempat yang menunjukkan gejala mirip dengan gejala Covid-19.

Rencana tersebut mencuat setelah Korsel melaporkan kasus Covid-19 pertama yang dialami hewan peliharaan beberapa waktu lalu.

(Baca juga: Kapal Tongkang Angkut 700 Penumpang Karam di Sungai Kongo, 60 Orang Tewas)

Sebelumnya seekor anak kucing di Jinju, Gyeongsang Selatan dilaporkan terinfeksi virus Corona setelah melewati pemeriksaan dan mengalami gejala mirip dengan pasien positif Covid-19.

Yoo-mi menjelaskan pemeriksaan terhadap anjing atau kucing yang diduga terinfeksi virus Corona akan dilakukan di dekat rumah hewan oleh tim petugas kesehatan, termasuk seorang dokter hewan.

Dia menegaskan hanya anjing yang menunjukkan gejala, seperti demam, batuk, kesulitan bernapas dan peningkatan sekresi dari mata atau hidung, yang akan menjalani tes.

Dia mengungkapkan bahwa kebanyakan hewan peliharaan yang terinfeksi tidak menunjukkan gejala.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini