Gawat! RS Islam Terendam Banjir, Puluhan Pasien Covid-19 Dievakuasi

Nila Kusuma, Koran SI · Minggu 21 Februari 2021 18:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 21 525 2365836 gawat-rs-islam-terendam-banjir-puluhan-pasien-covid-19-dievakuasi-U99jbJU6GG.jpg Foto: MNC Portal

KARAWANG – Selain wilayah Jabodetabek yang terendam, banjir juga terjadi di Karawang, Jawa Barat. Bahkan, ribuan kepala keluarga diungsikan ke posko sementara korban banjir.

Banjir di Karawang juga merendam sebuah rumah sakit. Akibatnya, puluhan pasien Rumah Sakit Islam Karawang, dievakuasi setelah terendam banjir setinggi 1 meter. Mereka dibawa ke RS Lira Medika, dan RS Hermina.

(Baca juga: Relawan FPI Diusir Polisi saat Bantu Korban Banjir, Ini Reaksi Munarman)

Diantara pasien yang dievakuasi, terdapat puluhan pasien Covid-19 yang sedang menjalani isolasi maupun pengobatan.

"Pasien sudah dievakuasi kemarin malam, karena situasinya sudah tidak memungkinan untuk dirawat di sini. Kalau barang-barang lainnya beberapa sudah kita selamatkan, tapi kalau dokumen lain rusak," kata Kepala Bagian Administrasi dan Keuangan Rumah Sakit Islam Karawang, Tedy Syafiudin, Minggu (21/2/2021).

(Baca juga: Viral, Detik-Detik Banjir Besar di Metland Bekasi Robohkan Tembok Warga)

DijelaskanTedy, banjir mulai menggenangi rumah sakit sejak dua hari kemarin. Pihak rumah sakit mengira air segera surut, sehingga tidak mengantisipasi jika banjir justru semakin parah. "Kita tidak menyangka jika banjir bakal tinggi. Makanya dokumen rumah sakit tidak kita amankan. Tapi malam kemarin baru kita panik karena harus evakuasi pasien ," katanya.

Menurut Tedy, evakuasi paling utama yaitu untuk pasien Covid-19 . Jumlah pasien Covid-19 sekitar 20 orang pasien yang langsung dievakuasi malam itu juga. "Kami menyediakan 30 bed untuk pasien Covid-19 . Tapi saya kurang hafal jumlah pasien yang dirawat, sekitar 20-an pasien," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini