Wilayah Lain Kebanjiran, 6 Hektare Lahan di Agam Justru Kebakaran

Rus Akbar, Okezone · Senin 22 Februari 2021 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 22 340 2366318 wilayah-lain-kebanjiran-6-hektare-lahan-di-agam-justru-kebakaran-iV4RdeGK4m.jpg Kebaakran lahan di Agam (Foto : Okezone.com/Rus Akbar)

AGAM - Di tengah musim hujan yang mengguyur sebagian wilayah di Indonesia, kebakaran justru melanda enam hektare lahan gambut di Jorong Aia Maruok, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darusalam, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar). Kebakaran yang terjadi di areal kebun sawit ini merupakan peristiwa yang berulang.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam, Syafrizal menjelaskan saat ini pihaknya sedang berada di lokasi kebakaran lahan.

“Berkaitan dengan kebakaran ini, beberapa hari sebelumnya sudah terjadi kebakaran ditempat yang sama kebakaran yang sudah terjadi lebih kurang 6 hektare,” katanya Senin (22/2/2021)

Kebakaran juga terjadi akibat beberapa hari ini cukup panas ditambah angin kencang sehingga menimbulkan titik api baru sudah menjalar. “Kita sudah koordinasi dengan dengan Kapolsek Tanjung Mutiara karena sudah menuju ke wilayah tersebut,” katanya.

Baca Juga : Banjir di Rawa Buaya Surut 1x24 Jam, Biasanya Berhari-hari

Baca Juga : Hujan Lebat, Jalan Penghubung 4 Kabupaten di Sulsel Ambles

Syafrizal menambahkan kendala yang dihadapi saat ini karena sumber air di lokasi sangat minim akhirnya memakai tendon. “Lokasi kebakaran sumber airnya sangat sedikit sekali membuat petugas kewalahan, saat ini dibantu oleh Damkar dan Pol PP Agam ikut turun memadamkan api ,” jelasnya.

Berdasarkan data dari BPBD Agam lahan yang terbakar milik Brigjen Purnawirawan TNI Dasiri Musnal dan Jarot (44). “Saat ini kita masih mengupayakan pemadaman,” ujarnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini