Miliarder Prancis Olivier Dassault Tewas dalam Kecelakaan Helikopter

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 08 Maret 2021 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 08 18 2374048 miliarder-prancis-olivier-dassault-tewas-dalam-kecelakaan-helikopter-kISsGQGT7c.jpg Miliarder Prancis Olivier Dassault. (Foto: Reuters)

PARIS – Sebuah kecelakaan helikopter di Normandia pada Minggu (7/3/2021) menewaskan miliarder sekaligus politikus Prancis Oliviert Dassault, demikian keterangan sumber kepolisian. Presiden Prancis Emmanuel Macron telah menyampaikan belasungkawanya.

Dassault adalah putra tertua dari mendiang industrialis miliarder Prancis Serge Dassault, yang namanya digunakan oleh Dassault Aviation, perusahaan pembuat pesawat tempur Rafale dan pemilik surat kabar Le Figaro.

BACA JUGA: Gubernur dan Politikus PAN Tewas Dalam Kecelakaan Helikopter, 4 Orang Ditahan

“Olivier Dassault mencintai Prancis. Kapten industri, legislator, pejabat terpilih lokal, komandan cadangan di angkatan udara: selama hidupnya, dia tidak pernah berhenti melayani negara kita, untuk menghargai asetnya. Kematiannya yang tiba-tiba adalah kerugian besar. Belasungkawa kepada keluarga dan orang yang dicintainya,” kata Macron di Twitter sebagaimana dilansir Reuters.

Helikopter pribadi itu jatuh pada Minggu sore di Normandia, di mana Dassault memiliki rumah liburan, menurut sumber polisi. Pilotnya juga tewas.

BACA JUGA: Helikopter Militer Turki Jatuh, Setidaknya 9 Orang Tewas

Sebagai anggota parlemen dari partai konservatif Les Republicains sejak 2002, Dassault dianggap sebagai orang terkaya ke-361 di dunia bersama dua saudara laki-laki dan perempuannya, dengan kekayaan sekitar 6 miliar euro (sekira Rp102,5 triliun) sebagian besar diwarisi dari ayahnya, menurut daftar orang terkaya 2020 versi Forbes.

Dia mengundurkan diri dari perannya di dewan Dassault karena peran politiknya untuk menghindari konflik kepentingan.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini