Share

Menyerahkan Diri, Komandan KKB di Yapen Papua Noki Orarei Kembali ke Pangkuan NKRI

INews.id, · Rabu 17 Maret 2021 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 17 340 2379502 menyerahkan-diri-komandan-kkb-di-yapen-papua-noki-orarei-kembali-ke-pangkuan-nkri-T3bDSlg6Vx.jpeg Komandan KKB di Yapen, Papua, menyerahkan diri untuk kembali ke pangkuan NKRI. (Foto : Dok Polres Yapen)

JAYAPURA – Komandan Sektor Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua wilayah Kosiwo, Kabupaten Kepulauan Yapen, Noak Orarei alias Noki Orarei menyerahkan diri ke Polres Yapen, Rabu (17/3/2021) untuk kembali ke pangkuan NKRI.

Noak Orarei diantar oleh keluarganya untuk menyerahkan diri dan 2 pucuk senpi rakitan beserta puluhan amunisinya ke Polres Yapen.

“Hari ini, saudara kita atas nama Noak Orarei yang diantar oleh pihak keluarga hadir di tengah-tengah kita untuk menyatakan sikap kembali ke pangkuan NKRI,” kata Kapolres Kepulauan Yapen, AKBP Ferdyan Indra Fahmi dalam keterangan tertulisnya.

Sebelum kembali ke NKRI, selama ini Noak Orarei terlibat dan bergabung dengan KKB TNPB Wilayah Saireri pimpinan Rudi Orarei sejak 2014.

“Kita patut bersyukur kepada Tuhan, atas izin dan pertolongan-Nya jualah saudara kita Noak Orarei ingin menghentikan semua aktivitas perlawanan dan perjuangan melepaskan diri dr NKRI,” kata Kapolres.

Dia mengatakan, selama ini, tim tertutup dari Polres Kepulauan Yapen terus bmelakukan upaya pendekatan secara kekeluargaan terhadap Noki Orarei dan rekan-rekannya yang lain serta memberikan pemahaman agar dapat kembali sebagai masyarakat dan bergabung lagi ke pangkuan NKRI.

Baca Juga : Hadapi KKB, Kapolda Papua Tegaskan Tak Akan Mundur Selangkah pun

Noak Orarei dengan suka rela tanpa ada paksaan menyerahkan diri bersama beberapa barang bukti berupa senp rakitan dan amunisi yang selama ini digunakan untuk melakukan perlawanan terhadap pemerintah.

“Kami akan memberikan diskresi (tidak memproses hukum) kepada yang bersangkutan karena menyerahkan dua pucuk senpi rakitan beserta amunisinya secara sukarela,” katanya.

Kepada petugas, Noak Orarei mengaku dengan niat tulus berjanji untuk kembali sebagai warga negara Indonesia dan setia kepada Pancasila dan UUD 1945.

Baca Juga : Kehadiran TNI-Polri di Papua Berikan Rasa Aman Warga dari KKB

“Kepada teman-teman di seluruh Papua, khususnya di Kabupaten Kepulauan Yapen yang masih mendukung atau memperjuangkan Kemerdekaan Papua agar segera mengikuti jejak saya bergabung dengan NKRI,” katanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini