Baron, Buaya Tertua di Penangkaran Blanakan Mati di Usia 80 Tahun

Yudy Heryawan Juanda, iNews · Sabtu 20 Maret 2021 22:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 20 525 2381266 baron-buaya-tertua-di-penangkaran-blanakan-mati-di-usia-80-tahun-S8WUUwCYqU.jpg Baron, buaya di Penangkaran Blanakan, Subang, Jawa Barat mati (Foto: Yudy Heryawan Juanda)

SUBANG - Media sosial dihebohkan dengan kematian Baron, buaya tertua di Penangkaran Buaya, Blanakan, Subang, Jawa Barat. Diduga penyebab kematian buaya jantan tersebut akibat usia yang sudah tua.

Hal tersebut dibenarkan oleh Asper Ciasem KPH Purwakarta, Mulyana. Menurutnya buaya yang berusia 80 tahun tersebut sebelumnya sakit dan tidak mau makan.

"Usia Baron memang sudah tua, kurang lebih 80 tahun, selain itu sebelumnya juga sudah sakit dan tidak mau makan," ujar Mulyana kepada wartawan Sabtu (20/3/2021).

Baca Juga:  Kemunculan Buaya 2 Meter di Pantai Bikin Panik Wisatawan

Mulyana menambah, buaya yang memiliki berat 800 kilogram dan panjang 6,5 meter tersebut ditemukan mati pada Sabtu (20/3/2021) sore. Pihaknya langsung menguburkan Baron di dekat kolam yang menjadi sarangnya.

"Ditemukan mati tadi sore dan langsung kita kubur. Proses penguburan pun cukup sulit karena ukuran dan berat Baron yang cukup besar sementara menggunakan alat seadanya," imbuhnya.

Baron sendiri merupakan buaya yang menjadi icon di wisata Penangkaran Buaya Blanakan Subang bersama dengan Jack. Baron dan Jack sering dipertontonkan karena jinak bahkan sempat dijadikan objek untuk berswafoto bagi para pengunjung.

Baca Juga: Pemancing Diterkam Buaya, Jasadnya Ditemukan Tak Utuh

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini