Ingatkan Waktu Sholat, CCTV di Cimahi Bakal Keluarkan Suara Azan

Arif Budianto, Koran SI · Minggu 21 Maret 2021 22:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 21 525 2381616 ingatkan-waktu-sholat-cctv-di-cimahi-bakal-keluarkan-suara-azan-PRwZS3wvi8.jpg Pantauan lalu lintas di Bandung melalui CCTV

BANDUNG - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi berencana memasang CCTV bersuara azan di beberapa titik lampu merah. CCTV bersuara azan ini untuk mengingatkan masyarakat akan waktu sholat.

Dikutip dari website resmi Pemkot Cimahi, cimahikota.go.id, gagasan ini muncul dari Dinas Perhubungan Kota Cimahi untuk mengingatkan waktu sholat kepada umat muslim. Rencananya, suara azan bakal diputar lewat pengeras suara yang terpasang pada titik CCTV.

Setidaknya, saat ini sudah ada 16 titik CCTV yang terpasang di sejumlah titik jalan di Kota Cimahi. Namun yang sudah terpasang speaker atu pengeras suaranya baru 12 titik saja.

"Ke depan akan lebih diberberdayakan lebih agamis lagi. Kemungkinan besar nanti akan ada adzan pada waktu salat," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Cimahi, Hendra Gunawan.

Selain itu, ke depannya pengeras suara tersebut akan dimanfaatkan untuk sarana imbauan kepada masyarakat agar lebih waspada ketika cuaca buruk. "Ada imbauan juga hati-hati, selamat sampai tujuan," ucapnya.

Saat ini, kata Hendra, dari 12 titik pengeras suara yang sudah terpasang satu titik dengan CCTV baru difungsikan secara manual untuk mengingatkan pengendara agar tidak parkir sembarangan.

Kemudian, digunakan juga sebagai media peringatan agar masyarakat disiplin terhadap protokol kesehatan. Termasuk di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang saat ini tengah berlangsung.

"Saat ini kan masih manual peringatannya, belum pakai rekaman. Nanti rencananya akan di link-kan, jadi tinggal rewind," jelas Hendra.

Baca Juga : Aksi Prajurit TNI AL Evakuasi Korban Kapal Tenggelam di Perairan Pondok Dayung

Selain pengembangan fungsi pengeras suara, ke depan Dinas Perhubungan Kota Cimahi juga akan menambah CCTV. Sebab, 16 titik kamera pengawas tersebut yang sudah terpasang saat ini belum ideal untuk mengawasi jalan umum di Kota Cimahi.

Berdasarkan pemetaan sementara, setidaknya ada 40 titik di berbagai jalan kota dan provinsi yang harus dipasang CCTV. Seperti Jalan Kolonel Masturi hingga kawasan Melong, Cimahi Selatan.

Tetapi, penambahan CCTV akan coba direalisasikan saat APBD perubahan. "Sudah dipetakan yang pasti selain penambahan cctv juga speaker kita tambah karena ada beberapa titik yang speakernya gak nyala," ungkap Hendra.

Baca Juga : PSBB di Banten Kembali Diperpanjang hingga 18 April 2021

Hendra melanjutkan, keberadaan CCTV dan pengeras suara tersebut sangat penting dan bermanfaat untuk mengurai kemacetan hingga meminimalisir terjadinya aksi kriminalitas. "Manfaat CCTV untuk mengurai kemacetan, menginformasikan kepada pengguna jalan jangan parkir sembarangan," tuturnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini