Anjing Kesayangan Biden Kembali Gigit Orang

Susi Susanti, Koran SI · Rabu 31 Maret 2021 13:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 31 18 2387085 anjing-kesayangan-biden-kembali-gigit-orang-9iPpdUaKwn.JPG Presiden AS Joe Biden dan anjing peliharaannya Major (Foto: CNN)

WASHINGTONAnjing kesayangan peliharaan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, Major kembali terlibat dalam insiden menggigit orang. Saat ini korban dirawat di rumah sakit (RS).

Insiden ini melibatkan pegawai National Park Service di White House South Lawn pada Senin (29/3) sore. Karyawan tersebut sedang bekerja dan harus berhenti untuk menerima perawatan dari unit medis Gedung Putih.

Sekretaris pers Ibu Negara Jill Biden Michael LaRosa mengatakan kepada CNN jika sang anjing "masih menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya."

"Ya, Mayor menggigit seseorang saat berjalan-jalan. Karena sangat berhati-hati, orang tersebut dilihat oleh WHMU dan kemudian kembali bekerja tanpa cedera,” terangnya.

Layanan Taman Nasional tidak segera menanggapi permintaan komentar dari CNN.

Menurut Gedung Putih, Major, seorang anjing gembala Jerman berusia 3 tahun yang diadopsi oleh Biden pada 2018, menerima pelatihan dalam dua minggu terakhir, menyusul insiden gigitan terpisah awal bulan ini.

(Baca juga: Prototipe Roket SN11 Space X Meledak Saat Mendarat)

Sekitar pukul 17.00 pada Senin (29/3) malam, Major terlihat berjalan-jalan di South Lawn bersama seorang anggota staf Gedung Putih. Koresponden Reuters di Gedung Putih, Jeff Mason men-tweet video pendek perjalanan itu. Mayor terlihat diikat, sesuatu yang tidak selalu terjadi selama berjalan-jalan oleh anjing Biden di sekitar Gedung Putih ketika mereka bersama Presiden dan ibu negara atau pengawas lapangan Gedung Putih Dale Haney.

Pada 8 Maret lalu, Major melukai seorang pegawai Dinas Rahasia di Gedung Putih, melakukan kerusakan yang cukup parah sehingga orang tersebut membutuhkan perawatan dari tim medis Gedung Putih.

Pada saat itu, sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki menyebut cedera itu sebagai "minor", dan menyebut perilaku Major dengan "menyesuaikan diri dan terbiasa dengan lingkungan dan orang baru mereka".

Psaki mengatakan Major "terkejut dengan orang yang tidak dikenalnya."

(Baca juga: Tak Pernah Bersekolah, Pengusaha 50 Tahun Ini Ikut Belajar Baca Tulis Bersama Siswa SD)

Setelah insiden itu, Major, dan anjing gembala Jerman Biden yang lebih tua, Champ, segera dikirim ke rumah Biden di Wilmington, Delaware.

Psaki mengatakan itu adalah perjalanan yang direncanakan, karena ibu negara Jill Biden sedang menuju ke luar kota.

Awal bulan ini,  Biden mengatakan dalam wawancara dengan ABC News jika Major menerima pelatihan.

"Anda berbelok di sudut, dan ada dua orang yang tidak Anda kenal sama sekali. Dan (Mayor) bergerak untuk melindungi," kata Biden. "Tapi dia anjing yang manis. Delapan puluh lima persen orang di sana mencintainya. Yang lakukan hanyalah menjilat mereka dan mengibas-ngibaskan ekornya. Tapi aku menyadari beberapa orang, dapat dimaklumi, takut pada anjing,” terangnya.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini