Gempa Besar Malang Berakibat 251 Rumah Rusak

Avirista Midaada, Okezone · Sabtu 10 April 2021 19:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 10 519 2392602 gempa-besar-malang-berakibat-251-rumah-rusak-38LGSpp4I9.jpg Sejumlah rumah rusak akibat gempa besar mengguncang Malang (Foto : BPBD Kabupaten Malang)

MALANG - Dampak kerusakan yang disebabkan gempa yang berpusat di Kabupaten Malang mulai meluas. Setidaknya ada 251 rumah di Kabupaten Malang, Kota Batu, Kota Malang, dan sekitarnya dikabarkan mengalami kerusakan dengan intensitas ringan hingga sedang.

Kerusakan terbanyak akibat gempa terjadi di wilayah Kabupaten Malang, dimana beberapa kecamatan di sekitar lokasi pusat gempa, dikabarkan mengalami kerusakan cukup parah.

Sekretaris PMI Kabupaten Malang Aprillijanto mengatakan ada 251 unit rumah yang terdampak kerusakan akibat gempa yang terjadi pada Sabtu siang (10/4/2021). Laporan kerusakan ini diterima PMI Kabupaten Malang hingga pukul 18.00 WIB.

"Sudah masuk rumah tercatat 251 rusak, terdiri dari 34 rusak berat, 175 unit rusak sedang, dan 42 rumah rusak ringan. Sementara 22 fasilitas umum rusak. Ini laporan yang kami terima sampai Sabtu petang tadi pukul 18.00 WIB," ucap Aprillijanto, saat dihubungi MNC Portal Indonesia.

Disebutkan Aprillijanto, dari kerusakan rumah yang terjadi mayoritas mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Namun untuk data dan dampak pasti yang ditimbulkan gempa Malang tadi ia belum bisa memaparkannya, karena timnya masih melakukan pendataan di lapangan.

"Tim kami masih proses terus melakukan asesmen di lapangan. Ini kita terjunkan tim untuk asesmen dampaknya. Sementara ini yang parah mengalami kerusakan di Malang selatan, termasuk Dampit, Gondanglegi, Sumbermanjing Wetan," terang Aprillijanto.

Sementara itu di Kota Batu Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Batu Achmad Choirur Rochim menyebut ada satu rumah di Kota Batu yang rusak terdampak gempa yang berpusat di Kabupaten Malang.

"Satu bengkel rusak milik Bapak Fafan. Tertimpa tembok rumah yang roboh. Lokasinya di Jalan Pattimura Kelurahan Temas, Kecamatan Batu. Kami masih melakukan penanganan darurat," katanya.

Baca Juga : Dampak Gempa Malang, 6 Meninggal Dunia dan Satu Luka Berat

Sedangkan di Kota Malang, satu rumah dilaporkan BPBD Kota Malang mengalami kerusakan. Namun beruntung rumah yang rusak adalah rumah kosong yang lama tak dihuni.

"Yang rusak rumah kosong yang lama tak dihuni. Lokasi di Jalan Raya Bandulan Gang 2 RT 8 RW 3. Tidak ada korban jiwa, karena memang lama tidak ditempati. Rusak di bagian dinding rumahnya," terangnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini