Diterjang Banjir Bandang, Warga Singapura: Sebelumnya Tak Pernah Seburuk Ini

Tim Okezone, Okezone · Sabtu 17 April 2021 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 17 18 2396397 diterjang-banjir-bandang-warga-singapura-sebelumnya-tak-pernah-seburuk-ini-Trm1npQEFD.jpg Banjir bandang menerjang Singapura (Foto: Varun Arora/channelnewsasia.com)

JAKARTA - Banjir bandang menerjang beberapa bagian wilayah Singapura pada Sabtu sore (17/4/2021) saat hujan deras turun di seluruh pulau. Sejumlah warga tak menyangka banjir yang menerjang bisa seburuk itu.

Dikutip dari channelnewsasia.com, seorang warga yang tinggal di sepanjang Jurong East Street 32 ​​mengatakan daerah tersebut sebelumnya belum pernah banjir seperti itu. "Belum pernah banjir seperti ini sebelumnya".

Baca Juga:  Hujan Deras, Singapura Diterjang Banjir Bandang

Warga yang tak mau disebutkan namanya itu mengatakan, polisi telah mengepung kawasan tersebut untuk mencegah mobil melintas. Bahkan, sebuah bus juga terlihat melaju melalui daerah itu "sangat lambat", katanya.

Varun Arora, yang tinggal di Bukit Timah di seberang stasiun MRT King Albert Park, mengatakan kepada CNA bahwa meskipun dia telah melihat banjir di daerah itu sebelumnya, keadaannya tidak pernah seburuk ini.

Sebuah lapangan tenis di dekat kediaman Pak Arora juga tertutup air. PUB mengatakan "hujan lebat berkepanjangan" turun di banyak wilayah Singapura pada sore hari, dengan tingkat air melebihi kapasitas 90 persen di beberapa saluran air dan kanal.

Sementara Badan Air Nasional PUB mengatakan telah mengeluarkan peringatan risiko banjir untuk lebih dari 20 lokasi, termasuk Sime Darby Centre, Bukit Timah Canal (Gereja Baptis Leng Kwang), Kanal Ulu Pandan dan Sungei Pandan Kechil (NUS dan AYE).

"Lalu lintas tetap lumayan di area ini," kata PUB dalam pembaruan di Facebook sekitar pukul 16.30.

"Banjir diamati di trotoar pejalan kaki di sepanjang Jalan Dunearn dekat Sime Darby Centre, serta Penghubung Taman di sepanjang Kanal Ulu Pandan, karena permukaan air yang tinggi di saluran air dan kanal yang berdekatan."

Baca Juga:  KPK Komitmen Jalin Kerjasama dengan CPIB Singapura dalam Pemberantasan Korupsi

Curah hujan terberat 161,4mm tercatat di Singapura bagian barat dari pukul 12.25 hingga 15.25, kata PUB. "Jumlah ini sesuai dengan 91 persen dari curah hujan bulanan rata-rata Singapura pada bulan April, dan berada dalam 0,5 persen teratas dari catatan curah hujan harian maksimum sejak tahun 1981," tambahnya.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini