Pencarian KRI Nanggala, KN SAR Antasena Tiba di Banyuwangi

Antara, · Kamis 22 April 2021 22:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 519 2399298 pencarian-kri-nanggala-kn-sar-antasena-tiba-di-banyuwangi-ZSCMao9jBt.jpg KN SAR Antasena tiba di Banyuwangi (foto: Dok Antara)

BANYUWANGI - Kapal milik Basarnas KN SAR Antasena yang turut dilibatkan dalam proses operasi pencarian kapal selam KRI Nanggala-402, yang hilang kontak di Perairan Laut Bali bagian utara, tiba di Pelabuhan Tanjungwangi, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (22/4/2021) malam.

Dari pantauan ANTARA, KN SAR Antasena milik Basarnas itu tiba di Pelabuhan Tanjungwangi, sekitar pukul 20:00 WIB. Kapal tersebut dilibatkan untuk operasi pencarian kapal selam Nanggala-402 yang hilang kontak sejak Rabu (21/4) pagi.

"Jadi, malam ini memang benar KN SAR Antasena sudah bersandar di Pelabuhan Tanjungwangi, setelah bertolak dari Surabaya, sekitar pukul 10:30 WIB tadi siang," kata Koordinator Pos SAR Banyuwangi, Wahyu Setia Budi.

Baca juga:  Kasal : Latihan Penembakan Torpedo Ditunda, Konsentrasi Cari KRI Nanggala 402

Ia menjelaskan, bahwa KN SAR Antasena yang rencananya dilibatkan dalam proses pencarian kapal selam Nanggala-402 buatan Jerman itu, tiba dengan kru kapal sekitar 13 orang.

"Mengenai apa yang harus dilakukan besok (Jumat, 23/4) atau pergerakannya seperti apa, kami (Basarnas) masih menunggu petunjuk dan instruksi dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi," kata Wahyu Setia Budi.

Baca juga:  Panglima TNI Ajak Masyarakat Berdoa agar Prajurit KRI Nanggala 402 Segera Ditemukan

Kapuspen TNI Mayor Jenderal TNI Achmad Riad mengatakan, bahwa saat ini TNI telah mengerahkan lima KRI dan satu helikopter yang melakukan operasi pencarian dengan kekuatan yang lebih dari 400 orang dalam proses pencarian kapal selam KRI Nanggala-402.

"Saat ini sudah ada lima KRI dan satu helikopter yang melakukan operasi pencarian dengan kekuatan yang lebih dari 400 orang kemudian juga KRI Rigel (933) saat ini juga sedang bergerak yang dulu pernah kami libatkan pada pencarian Sriwijaya Air," katanya dalam konferensi pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini