ASEAN Leaders Meeting Digelar untuk Perdamaian Rakyat Myanmar

Jum'at 23 April 2021 20:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 18 2399859 asean-leaders-meeeting-digelar-untuk-perdamaian-rakyat-myanmar-8XlI7c9u1c.jpeg Menlu Retno Marsudi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Negara-negara ASEAN akan menggelar ASEAN Leaders Meeting (ALM) dalam acara Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta, Sabtu (24/4/2021). Pertemuan digelar untuk mencari solusi menghentikan kondisi krisis yang terjadi di Myanmar.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, kegiatan ALM merupakan respons situasi terkini di negara Myanmar yang juga merupakan negera anggota ASEAN. Adapun agenda ALM untuk mencari solusi perdamaian di Myanmar.

"Pimpinan berharap dalam ALM dapat menghadirkan sebuah kesepakatan yang terbaik buat rakyat Myanmar. ALM ini diseleggarakan untuk Rakyat Myanmar," kata Retno Marsudi dalam keterangan virtual, Jumat (23/4/2021).

Baca juga: Kapolda Metro Jaya Jamin Keamanan KTT ASEAN 2021

Retno menjelaskan, ALM digelar atas inisiasi Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi). Dia menyebut, Jokowi prihatin melihat situasi terakhir di Myanmar yang telah mengakibatkan jatuhnya korban jiwa.

Baca juga: Presiden Filipina Rodrigo Duterte Tidak Akan Menghadiri Pertemuan ASEAN untuk Myanmar

"Posisi Indonesia terkait Myanmar dari sejak awal juga yaitu keselamatan, kesejahteraan rakyat Myanmar menjadi prioritas. Kekerasan dan penggunaan senjata harus dihentikan sehingga korban jiwa tidak semakin bertambah," jelasnya Retno.

Ia menambahkan, Jokowi juga mendorong pertemuan KTT ASEAN dilakukan agar perdamaian di negara Myanmar kembali terwujud. "Dialog inklusi harus segera diselenggarakan agar perdamaian dan stabilitas dapat segera terselenggara," pungkasnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini