Menlu Sebut Tiga Pimpinan Negara Tak Hadiri ASEAN Leaders Meeting

Erfan Maaruf, iNews · Jum'at 23 April 2021 21:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 23 18 2399862 menlu-sebut-tiga-pimpinan-negara-tak-hadiri-asean-leaders-meeting-egmXhPSIzH.jpeg Menlu Retno Marsudi (Foto: Okezone)

JAKARTA - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, terdapat tiga pimpinan negara yang akan absen dalam pertemuan ASEAN Leaders Meeting (ALM) dalam Konfrensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN di Jakarta, Sabtu (24/4/2021) besok.

Ia mengatakan bahwa ALM merupakan inisitif Indonesia dan merupakan tindak lanjut pembicaraan antara Presiden Jokowi dan Ketua ASEAN Sultan Brunei Darussalam Hassanal Bolkiah.

"Para pemimpin termasuk Presiden Jokowi telah menerima undangan dari Sultan Brunei Darussalam selaku ketua ASEAN untuk mengadiri ALM besok," kata Retno dalam keterangan virtual, Jumat (23/4/2021).

Retno mengatakan, pertemuan ALM direncanakan akan berlangsung pada siang hari. Hingga saat ini dari 10 negara keanggotaan ASEAN ada tiga negara yang tidak dapat hadir.

Baca juga: ASEAN Leaders Meeting Digelar untuk Perdamaian Rakyat Myanmar

"Per saat ini tiga pemimpin tidak dapat hadir yaitu Thailand, Laos, dan Filipina," jelasnya.

Setelah Presiden Jokowi melakukan komunikasi dengan Perdana Menteri Thailand, alasan tidak dapat hadir dalam pertemuan ALM karena pandemi Covid-19 di negaranya.

Baca juga: Presiden Filipina Rodrigo Duterte Tidak Akan Menghadiri Pertemuan ASEAN untuk Myanmar

"PM Thailand menyampaikan tak dapat hadir karena situasi Covid di dalam negeri Thailand," jelasnya.

Pertemuan ALM juga akan dilaksanakan dengan protokol kesehatan secara ketat. Bahkan untuk persiapan tersebut, Retno akan menggelar pertemuan dengan menteri luar negeri yang telah hadir malam hari ini.

"Komitmen bertemu fisik merupakan refleksi terhadap situasi di Nyanmar untuk membantu Myanmar keluar dari krisis ini. Dan dalam pertemuan ALM kita terus menghormati dan mengimplemetasikan protokol kesehatan," pungkasnya.

(fkh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini