Ruang IGD RSUD Kepulauan Mentawai Retak Parah Pasca Gempa M5,8

Rus Akbar, Okezone · Rabu 05 Mei 2021 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 05 340 2406137 ruang-igd-rsud-kepulauan-mentawai-retak-parah-pasca-gempa-m5-8-jTClMofCwe.jpg Foto: Illustrasi Shutterstock

MENTAWAI - Gempa magnitude 5,8 pada pukul 08.24 WIB di Pulau Sipora, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat yang berdampak kerusakan parah di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Kabupaten Kepulauan Mentawai rencananya akan dipindahkan karena kondisinya rusak parah.

Direktur RSUD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Jimmy Yul Ambarita, membenarkan ada kerusakan di ruang IGD, rencananya gedung tersebut akan dipindahkan tapi harus rekomendasi dari Dinas PUPR Mentawai.

“Besok kita akan ajukan surat permintaan untuk melakukan analisa gedung ke Dinas PU PR Mentawai, tadi kami lihat struktrunya tidak rusak hanya dindingnya yang rusak, sebelum gempa kemarin sudah retak-retak jadi memang sebenarnya ada empat gedung kami analisis,” ujarnya kepada MNC Portal Indonesia, Rabu (5/5/2021)

Baca juga: Mentawai Diguncang Gempa, Warga Berhamburan Keluar Rumah Selamatkan Diri

Sambung Jimmy, Ruang IGD kemungkinan akan kami pindahkan kalau hasil evaluasi PUPR adanya gedung tidak layak pakai, gedung IGD tersebut akan dipindahkan ke gedung lain kami siapkan juga mitigasinya.

Selain ruang IGD yang rusak kata Jimmy ada juga yang mengalami kerusakan rigan seperti ruang laboratorium, Kebidanan, High Care Unit (HCU). “Tapi memang memprihatinkan ruang IGD,” ujarnya.

Baca jugaGuncangan Gempa Halmahera Terasa hingga Manado

Beruntung saat terjadi gempa ruang IG tersebut tidak ada pasien yang sedang dirawat. “Saat terjadi tidak ada pasien yang sedang dirawat atau kosong, namun ruang itu memang sudah retak ditambah lagi gempa saat ini main retak,” tuturnya.

Kalau di ruang perawatan lain memang ada yang dirawat namun saat terjadi gempa petugas-petugas sudah mengawasi pasien yang sedang dirawat. “Di ruang-ruang perawatan ada pasien yang dirawat sudah diawasi petugas, kita juga sedang menyiapkan mitigasi kalau terjadi bencana,” pungkasnya.

Gempa yang terjadi pagi tadi dengan titik koordinat lintang: 2.04 LS, bujur: 99.62 BT dengan kedalaman: 29 kilometer dengan lokasi 3 kilometer tenggara Tuapeijat Mentawai, 7 kilometer tenggara Kepulauan Mentawai.

(wal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini