Share

Biden: AS Siapkan Sanksi untuk Belarusia, Terkait Pendaratan Pesawat Secara Mendadak

Agregasi VOA, · Kamis 27 Mei 2021 09:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 27 18 2416046 biden-as-siapkan-sanksi-untuk-belarusia-terkait-pendaratan-pesawat-secara-mendadak-4mXy0Xzl62.jpg Presiden AS Joe Biden (Foto: Reuters)

WASHINGHTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan pada Selasa (25/5) jika AS sedang menyiapkan sanksi terhadap Belarusia. Namun, ia menolak memberi perincian.

Biden menyatakan itu kepada wartawan ketika ia meninggalkan Gedung Putih menuju Delaware, negara bagian asalnya, di tengah kemarahan internasional atas Belarusia yang memaksa mendarat pesawat dan menangkap wartawan yang menumpang pesawat itu.

"Sedang disiapkan. Saya tidak ingin berspekulasi sampai kita menyelesaikannya," cetus Biden ketika ditanya sanksi apa yang sedang dipertimbangkan AS sebagai tanggapan.

(Baca juga: Italia Tahan 3 Orang Terkait Kecelakaan Kereta Gantung yang Tewaskan 14 Orang)

Maskapai mengalihkan penerbangan untuk menghindari wilayah udara Belarusia pada Selasa (25/5) dan pesawat Belarusia menghadapi kemungkinan larangan dari Eropa, sementara kemarahan internasional meningkat terhadap Minsk yang memaksa pesawat mendarat untuk menangkap seorang jurnalis pembangkang.

Negara-negara Barat menuduh Belarusia membajak Ryanair yang sedang melintasi negara itu dalam penerbangan dari Yunani ke Lithuania. Para diplomat mengatakan Perancis, Irlandia, dan Estonia akan mengangkat insiden itu dalam pertemuan tertutup Dewan Keamanan PBB pada Rabu (26/5).

 (Baca juga: Pemimpin Hizbullah: Serang Yerusalem Berarti Perang Kawasan)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini