Facebook Tangguhkan Akun Trump Hingga 7 Januari 2023

Agregasi VOA, · Sabtu 05 Juni 2021 14:39 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 05 18 2420661 facebook-tangguhkan-akun-trump-hingga-7-januari-2023-I1bjuuFDGf.jpg Wakil Presiden Facebook Nick Clegg (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Facebook mengatakan pada Jumat (4/6) akan menangguhkan akun mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump setidaknya selama dua tahun. Penangguhan ini masih terkait dengan dugaan Trump telah menghasut pemberontakan mematikan 6 Januari lalu di gedung kongres AS, Capitol.

“Pada akhir periode itu, kami akan minta para ahli untuk menilai apakah risiko terhadap keselamatan publik telah surut,” tulis Wakil Presiden Facebook Nick Clegg dalam sebuah postingan blog pada Jumat (4/6).

Dewan pengawas independen raksasa media sosial itu mempertahankan pemblokirannya terhadap Trump, yang diberlakukan setelah kerusuhan karena perusahaan itu mengatakan postingannya menghasut kekerasan pada 6 Januari di Capitol.

Larangan itu akan berakhir pada 7 Januari 2023, dua tahun setelah Facebook pertama kali memblokir mantan presiden tersebut.

(Baca juga: Jelang Pertemuan dengan Biden, Putin Tekankan 'Nada Keras')

Keputusan Facebook itu akan mengurangi kemampuan Trump untuk mempengaruhi pemilihan kongres paruh waktu pada November 2022, tetapi akunnya dapat dipulihkan jauh sebelum pemilih AS pergi ke tempat pemungutan suara pada 2024 jika Trump memutuskan untuk mencalonkan diri sebagai presiden lagi tahun itu.

Menanggapi keputusan Facebook, Trump mengatakan dalam sebuah pernyataan jika itu adalah bentuk penghinaan. “Itu adalah penghinaan terhadap 75 juta orang yang memecahkan rekor, ditambah banyak lainnya, yang memilih kami dalam Pemilihan Presiden yang Dicurangi tahun 2020. Mereka seharusnya tidak dibiarkan lolos dari penyensoran dan pembungkaman ini dan pada akhirnya, kita akan menang,” terangnya.

(Baca juga: Banyaknya Kasus Pelecehan Seksual, Uskup Agung Gereja Katolik Jerman Ajukan Pengunduran Diri)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini