Jelang Pertemuan dengan Biden, Putin Tekankan 'Nada Keras'

Agregasi VOA, · Sabtu 05 Juni 2021 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 05 18 2420655 jelang-pertemuan-dengan-biden-putin-tekankan-nada-keras-OF7BBl6OHe.jpg Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Reuters)

RUSIA - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat (4/6) menunjukkan 'nada keras' menjelang pertemuan puncak dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden. Putin menuduh Washington berusaha mengekang Rusia dan mengutip tanggapan AS terhadap pengepungan gedung Capitol sebagai manifestasi dari standar ganda Barat.

Berbicara dalam sebuah forum ekonomi di St. Petersburg, Putin mengatakan bahwa pengendalian senjata, konflik global, pandemi virus corona, dan perubahan iklim adalah beberapa masalah yang akan dibahasnya dengan Biden dalam pertemuan puncak pada 16 Juni mendatang di Jenewa.

(Baca juga: Misteri Pembunuhan 50 Tahun Lalu Terkuak, Polisi Berhasil Tangkap Pelaku)

“Kita harus mencoba menemukan cara penyelesaian untuk hubungan kita,” katanya. Putin mengatakan Rusia tidak memiliki “ketidaksepakatan” dengan Amerika Serikat dan menuduh AS ingin “mengekang perkembangan Rusia” dengan tindakan dan sanksinya terhadap Kremlin.

Dalam pidatonya, dia menyuarakan harapan bahwa pertemuan itu akan membantu meredakan ketegangan dengan Washington.

(Baca juga: Pengadilan Pakistan Batalkan Vonis Hukuman Mati Atas Penistaan Agama Pasangan Kristen)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini