KTT G-7 Dimulai, Bawa Pesan 'Membangun Kembali dengan Lebih Baik'

Agregasi VOA, · Sabtu 12 Juni 2021 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 18 2424123 ktt-g-7-dimulai-bawa-pesan-membangun-kembali-dengan-lebih-baik-luT8aPUroi.jpg Perdana Menteri Inggris, Boris Johson. (Foto: Reuters)

LONDON - Hari pertama KTT G-7 telah berakhir, di Cornwall, Inggris, di mana para pemimpin dari tujuh negara demokrasi kaya ingin memimpin perjuangan global melawan pandemi dan “membangun kembali dengan lebih baik” menuju masa depan yang lebih hijau, lebih sejahtera, dan adil.

KTT ini diselenggarakan oleh Inggris dan dihadiri oleh para pemimpin Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, dan Amerika. Perwakilan Uni Eropa juga hadir, bersama dengan tamu lainnya, kepala negara Australia, Afrika Selatan dan Korea Selatan. Perdana menteri India bergabung melalui tautan video.

BACA JUGA: Pegawai Positif Covid-19, Hotel KTT G7 Ditutup

“Ini adalah pertemuan yang benar-benar harus terjadi,” kata Perdana Menteri Boris Johnson, tuan rumah tahun ini, ketika membuka sesi pertemuan para pemimpin. “Kita perlu memastikan bahwa kita belajar dari pandemi, memastikan bahwa kami tidak akan mengulangi beberapa kesalahan yang kita buat selama sekitar 18 bulan terakhir,” ujarnya.

Johnson mengatakan ia ingin G-7 akan “membangun kembali lebih baik, membangun kembali dengan lebih berwawasan lingkungan, kembali lebih adil, lebih setara dan lebih netral gender dan mungkin dengan cara yang lebih feminin.”

BACA JUGA: G7 Janji Berikan 1 Miliar Dosis Vaksin Covid-19 untuk Negara Miskin

Sementara pertemuan G-7 sebelumnya ditandai dengan jamuan mewah, delegasi besar dan rombongan media, pertemuan tahun ini sangat dibatasi. Masker, tes COVID-19 harian, dan protokol kesehatan lainnya menjadi pengingat nyata bahwa krisis virus corona masih jauh dari selesai.

“Dunia akan melihat G-7 menerapkan nilai-nilai bersama dan kekuatan diplomatik kita, pada tantangan mengalahkan pandemi dan memimpin pemulihan global,” kata Johnson.

Pandemi menyebabkan para pemimpin melewatkan KTT tahun lalu. Terakhir kali G-7 bertemu secara langsung adalah di Biarritz, Prancis, pada 2019.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini