Baru Diidentifikasi WHO, Virus Corona Varian Lambda Telah Menyebar ke 29 Negara

Rahman Asmardika, Okezone · Senin 28 Juni 2021 16:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 18 2432137 baru-diidentifikasi-who-virus-corona-varian-lambda-telah-menyebar-ke-29-negara-3u3V22CzZB.jpg ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

LONDON - Varian baru dari virus corona yang diidentifikasi sebagai 'Lambda' telah diklasifikasikan sebagai “Varian yang Menjadi Perhatian Global” oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Menurut keterangan WHO, varian itu pertama kali diidentifikasi di Peru di mana 81 persen kasus Covid-19 sejak April 2021 dikaitkan dengan varian ini. Sekarang, varian yang sama juga telah diidentifikasi di 29 negara dan terutama di Amerika Selatan tempat asalnya.

BACA JUGA: Ikatan Dokter Indonesia Tegaskan Lonjakan Covid-19 Disebabkan Varian Delta, Bukan karena Mudik Lebaran 

Di Chile, varian Lambda terdeteksi pada 32 persen dari semua sekuens virus yang dikirimkan dalam 60 hari terakhir, dan hanya dikalahkan oleh varian Gamma yang pertama kali diidentifikasi di Brasil. Negara-negara lain seperti Argentina dan Ekuador juga telah melaporkan peningkatan prevalensi varian baru.

BACA JUGA: 11 Nama baru Varian Virus Corona

Garis keturunan Lambda membawa mutasi yang dapat meningkatkan penularan atau memperkuat ketahanan virus terhadap antibodi, kata WHO dalam laporannya. Namun, WHO mengatakan bahwa sejauh ini bukti masih terlalu terbatas dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami varian Lambda dengan lebih baik.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini