10 Warga NTT Keracunan Ikan Buntal, 3 Meninggal dan 7 Dirawat di RS

Joni Nura, iNews · Senin 28 Juni 2021 00:13 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 28 340 2431747 10-warga-ntt-keracunan-ikan-buntal-3-meninggal-dan-7-dirawat-di-rs-AysFw6zOec.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

SIKKA - Sepuluh warga Wairita di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) keracunan ikan buntal. Tiga di antaranya meninggal dunia, sementara 7 masih dirawat.

Peristiwa ini terjadi Dusun Daranatar Desa Hoder Kecamatan Waigete, sekitar pukul 18.00.Wita. Maria Sepe, salah satu anggota keluarga menjelaskan seorang warga bernama Klementinus Oskar pada Sabtu 26 Juni 2021 malam pergi melaut.

Baca Juga:  13 Orang Diduga Keracunan Makanan Selamatan Warga

Dia berhasil mendapatkan banyak ikan, termasuk seekor ikan buntal. Ikan yang berhasil ditangkap ini kemudian dibersihkan dan dimasukkan ke dalam kulkas.

Pada Minggu (27/6/2021) pagi tadi sekitar 20 orang duduk berkumpul di rumah Bernadus Simon. Mereka bercengkerama sambil menenggak minuman tradisional yang biasa disebut moke.

Hingga pukul jam 14.00 Wita, mereka masih melanjutkan minum-minum. Karena kekurangan makanan tambahan, didatangkan ikan buntal yang sudah dimasak. Sekitar 2 jam kemudian, mulai muncul reaksi pada salah seorang warga.

“Dia mengaku tangannya keram-keram, dan bibir mulai rasa gatal dan bengkak. Ada warga yang kasih minum air kelapa. Tapi tidak ada perubahan," katanya.

Tidak lama berselang beberapa orang yang sempat makan ikan buntal mulai merasakan hal yang sama. Bahkan, ada yang sudah mulai muntah-muntah. Situasi pun mulai panik.

Melihat kondisi yang semakin parah, akhirnya warga yang lain berinisiatif membawa mereka ke IGD RSUD TC Hillers Maumere.

Baca Juga:  Puluhan Warga Keracunan Usai Santap Makanan di Hajatan

Setelah tiba di rumah sakit, 3 orang tidak bisa tertolong lagi. Mereka yang meninggal yakni Bernadus Simon 43 tahun, Andreas Sirilus 20 tahun, dan Anselmus Labas Lodan 39 tahun. Tiga orang yang meninggal ini langsung dibawa ke kamar jenazah. Sedangkan 7 orang sedang dirawat intensif di IGD.

Sementara itu, personel Dinkes Sikka bersama Kapolsek Waigete tengah menuju tempat kejadian untuk mendapatkan sampel muntahan ikan buntal.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini