Share

AS Kutuk Gelombang Kekerasan dan Pelanggaran HAM di Haiti

Agregasi VOA, · Kamis 01 Juli 2021 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 01 18 2433738 as-kutuk-gelombang-kekerasan-dan-pelanggaran-ham-di-haiti-4nomp1z5hz.JPG Foto: Reuters.

PORT AU PRINCE - Amerika Serikat (AS) pada Rabu (30/6/2021) mengutuk apa yang digambarkannya sebagai pelanggaran sistematis terhadap hak asasi manusia (HAM), kebebasan mendasar dan serangan terhadap pers di Haiti, seraya mendesak pemerintah untuk melawan maraknya geng dan kekerasan. .

Kekerasan telah meningkat di negara Karibia yang miskin itu saat geng-geng yang bersaing bertempur satu sama lain dan polisi untuk menguasai jalan-jalan, menggusur ribuan orang dan memperburuk krisis kemanusiaan.

BACA JUGA: Kuburan Tak Bertanda 182 Orang Pribumi Ditemukan di Dekat Sekolah Katolik Kanada 

Pada Selasa (29/6/2021) malam, sertidaknya 15 orang tewas sebagai pembalasan atas pembunuhan anggota serikat polisi Guerby Geffrard, kata Leon Charles, direktur jenderal kepolisian nasional, pada konferensi pers. Di antara mereka yang tewas adalah dua wartawan. 

"Amerika Serikat sangat prihatin dengan hilangnya nyawa dan ketidakamanan umum sebagai akibat dari kekerasan terkait geng," kata kedutaan AS di Haiti di Twitter.

"Kekerasan, korupsi dan impunitas telah menghambat tujuan pembangunan Haiti dan aspirasi rakyat Haiti untuk kehidupan yang lebih baik."

BACA JUGA: Aktivis Palestina Tewas Usai Dipukuli dan Ditangkap Secara Brutal, Tuai Kecaman 

Kelompok bersenjata telah menjadi semakin kuat di Haiti dalam beberapa tahun terakhir karena kerusuhan politik, meningkatnya kemiskinan dan rasa impunitas, demikian organisasi hak asasi seperti Pusat Analisis dan Penelitian Hak Asasi Manusia nirlaba mengatakan.

Pemilu yang dijadwalkan pada September bisa menjadi faktor meningkatnya kekerasan terhadap polisi baru-baru ini, yang tidak diperlengkapi senjata memadai untuk menghadapi anggota geng yang telah memperoleh senjata yang semakin canggih.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini