Share

Pesawat Militer Jatuh, Tentara yang Selamat Sempat Video Call

Susi Susanti, Koran SI · Senin 05 Juli 2021 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 18 2435517 pesawat-militer-jatuh-tentara-yang-selamat-sempat-video-call-9RBKyGRXXS.jpg Tentara yang selamat dari kecelakaan pesawat militer sempat video call (Foto: Reuters)

FILIPINA – 45 orang meninggal dunia dalam kecelakaan pesawat militer. Dua orang tewas di darat saat pesawat mencoba mendarat di Pulau Jolo, Filipina selatan, pada Minggu (04/07).

Puluhan lainnya selamat dan saat ini menjalani perawatan di rumah sakit setempat. Pesawat Hercules ini membawa 92 orang, sebagian besar personel militer, yang baru saja menyelesaikan pelatihan dasar militer.

Di antara mereka yang selamat dari kecelakaan itu adalah Prajurit Roejader Colata dan Prajurit Kelas Satu Reymart Bulat-ag, keduanya dari provinsi Zamboanga del Norte di Mindanao.

Sebelum naik ke pesawat, Colata, 21, melakukan panggilan video dengan kakak laki-lakinya, Rayrafar, untuk memberi tahu dia tentang penempatan pertamanya setelah pelatihan.

(Baca juga: Tentara Lompat dari Pesawat Militer Sebelum Jatuh dan Meledak)

Rayfar mengatakan bahwa hal berikutnya yang dia dengar adalah pesawat saudaranya telah jatuh.

“Kami sangat khawatir selama berjam-jam, karena kami hanya menerima informasi bahwa saudara laki-laki saya selamat setelah pukul 5 sore (07:00 GMT) pada Minggu,” katanya kepada Al Jazeera.

“Jam-jam itu sangat menyiksa ketika kami harus menunggu kabar tentang kondisinya. Sekarang orang tua saya agak lega. Tapi kami masih belum berbicara dengannya,” lanjutnya..

Kecelakaan itu terjadi setelah sebuah helikopter Black Hawk jatuh bulan lalu selama penerbangan pelatihan malam hari, menewaskan enam orang di dalamnya.

(Baca juga: Pesawat Militer yang Angkut 92 Orang Jatuh, 45 Tewas)

Tiga pilot dan tiga penerbang tewas di pesawat S70-i yang jatuh di dekat tempat pelatihan Crow Valley di utara Manila, yang menyebabkan seluruh armada dilarang terbang.

Baca Juga: BuddyKu Festival, Generasi Muda Wajib Hadir

Follow Berita Okezone di Google News

(sst)

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini