Ini Jenis Pesawat Militer yang Jatuh, Buatan Polandia, Lisensi AS

Susi Susanti, Koran SI · Senin 05 Juli 2021 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 05 18 2435609 ini-jenis-pesawat-militer-yang-jatuh-buatan-polandia-lisensi-as-1s1TRanflJ.jpg Pesawat militer Filipina jatuh (Foto: Archyde)

FILIPINA - Pesawat C-130 milik angkatan udara yang jatuh dan terbakar diketahui dibeli dari Polandia.

Filipina memesan 16 pesawat multi-peran dari sebuah perusahaan Polandia yang membuatnya di bawah lisensi dari divisi Sikorsky dari produsen pertahanan Amerika Serikat (AS) Lockheed Martin.

Sebelas pesawat diantaranya telah dikirimkan sejak akhir 2020.

Pesawat ini kerap digunakan untuk mengangkut pasukan dan perbekalan. Mereka juga sering dikerahkan untuk memberikan bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana.

Kecelakaan ini menyusul kecelakaan sebuah helikopter Black Hawk jatuh bulan lalu selama penerbangan pelatihan malam hari, menewaskan enam orang di dalamnya.

(Baca juga: Pesawat Militer Jatuh, Diduga Meleset dari Landasan Pacu)

Tiga pilot dan tiga penerbang tewas ketika S70-i mereka jatuh di dekat tempat pelatihan Crow Valley di utara Manila, yang menyebabkan seluruh armada dilarang terbang.

Seperti diketahui, sedikitnya 45 orang tewas dan 53 orang terluka pada Minggu (4/7) ketika sebuah pesawat militer Filipina jatuh dan terbakar.

 Penyebab kecelakaan belum diketahui. Saat ini, pihak berwenang masih fokus mengevakuasi para korban. Setelah itu proses penyelidikan akan dilakukan.

Kendati demikian, salah satu dugaan mengemuka jika pesawat militer ini jatuh akibat meleset dari landasan pacu. Pesawat angkut C-130 Hercules ini diketahui mencoba mendarat di pulau Jolo di provinsi Sulu sekitar tengah hari.

(Baca juga: Pesawat Militer Jatuh, Tidak Ada Indikasi Serangan)

 Namun pendaratan gagal dilakukan. Panglima Militer Jenderal Cirilito Sobejana mengatakan pesawat itu berusaha mendarat di pulau Jolo di provinsi Sulu ketika insiden itu terjadi pada pukul 11:30 waktu setempat (0330 GMT).

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini