AS: Pembunuhan Presiden Haiti Serangan Tragis

Antara, · Kamis 08 Juli 2021 11:11 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 08 18 2437390 as-pembunuhan-presiden-haiti-serangan-tragis-OLXvx2D8mD.jpg Presiden Haiti Jovenel Moise (Foto: Antara/ Reuters)

WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menyebut pembunuhan Presiden Haiti Jovenel Moise pada Rabu (7/7) malam sebagai "serangan tragis" dan akan melaporkan kejadian ini kepada Presiden AS Joe Biden.

"Kami masih mengumpulkan informasi," kata juru bicara Gedung Putih Jen Psaki di MSNBC.

"Saat ini kami masih mengevaluasi,” ujarnya.

"Ini tragedi tragis. Kejahatan mengerikan," kata Psaki saat wawancara dengan CNN.

"Kami siap dan mendukung mereka untuk memberikan bantuan apa saja yang diperlukan," lanjutnya.

(Baca juga: Kasus Covid-19 di Inggris Naik 4 Kali Lipat Sejak Juni)

"Tentu saja Kedutaan dan Departemen Luar Negeri akan berhubungan dekat namun ini sebuah tragedi. Kami mendukung mereka dan penting untuk rakyat Hairi mengetahui itu,” terangnya.

Pemerintah AS masih mencari informasi spesifik mengenai serangan tersebut dan Psaki menyampaikan rasa solidaritas kepada rakyat Haiti.

Seperti diketahui, Presiden Haiti Jovenel Moise tewas ditembak oleh penyerang tak dikenal di kediaman pribadinya pada Rabu (7/7) malam.

(Baca juga: Anggota Parlemen Sumbangkan Jas yang Dipakai untuk Bersihkan Sampah saat Kerusuhan Gedung Capitol)

Kubu oposisi di Haiti menuding AS - donor asing utama Haiti - bersikap lunak terhadap Moise, mengingat dukungannya terhadap kebijakan luar negeri AS. Pemerintahan mereka memutuskan hubungan dengan masyarakat Karibia (Caricom) untuk menentang Presiden Venezuela Nicolas Maduro.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini