Truk Tabrak Bus, 18 Orang Tewas, PM India Gelontorkan Dana Bantuan Rp48 Juta

Susi Susanti, Koran SI · Rabu 28 Juli 2021 12:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 28 18 2447211 truk-tabrak-bus-18-orang-tewas-kompensasi-bantuan-rp48-juta-fvUdJm7UZX.jpg Polisi sedang menyelidiki kecelakaan truk tabrak bus di India (Foto: Barabanki Police)

INDIA - Sedikitnya 18 pekerja migran tewas setelah sebuah truk menabrak bus mereka di negara bagian Uttar Pradesh, India utara.

Perjalanan mereka sepanjang 1.300 km (800 mil) dari Haryana ke negara bagian asal mereka di Bihar terhenti ketika bus mogok di distrik Barabanki.

Beberapa pekerja masih berada di dalam bus sementara yang lain tidur di sampingnya ketika kecelakaan itu terjadi pada Rabu (28/7) dini hari.

Polisi mengatakan kepada BBC bahwa bus itu "kelebihan muatan melebihi kapasitasnya".

Yamuna Prasad, inspektur polisi di Barabanki, mengatakan beberapa penumpang memutuskan untuk tidur di samping bus sementara pengemudi mencari montir untuk memperbaiki kendaraan.

"Kejadian yang disayangkan. Bus mungkin mogok karena mengangkut sekitar 140 penumpang padahal kapasitasnya hanya 65. Kami membantu keluarga," katanya.

(Baca juga: Korsel Laporkan Kasus Harian Covid-19 Tertinggi di Tengah Gelombang ke-4)

Prasad mengatakan bus itu tidak memiliki jendela karena ber-AC. Hal ini memaksa beberapa penumpang untuk keluar dan tidur di jalan.

Setidaknya 30 orang, beberapa di antaranya terluka parah, telah dirawat di rumah sakit di Barabanki.

Perdana Menteri Narendra Modi menulis cuitan belasungkawa dan mengumumkan 200.000 rupee (Rp39 juta) sebagai kompensasi bagi keluarga para korban, dan 50.000 rupee (Rp9,7 juta) bagi mereka yang terluka.

Orang-orang dari Bihar sering pergi ke negara bagian yang lebih makmur seperti Haryana dan Delhi untuk mencari pekerjaan.

(Baca juga: Biden Tuduh Rusia Ingin Kacaukan Pemilu AS 2022)

Buruh migran sering menggunakan kereta api dan bus, moda transportasi murah di India, untuk pulang saat libur kerja.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini