Biden Janji Beri Perlindungan Warga Hong Kong di AS Selama 18 Bulan

Agregasi VOA, · Jum'at 06 Agustus 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 06 18 2451693 biden-janji-beri-perlindungan-warga-hong-kong-di-as-selama-18-bulan-1CKIou7h4d.jpg Presiden AS Joe Biden (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden, pada Kamis (5/8) menawarkan perlindungan selama 18 bulan kepada ribuan penduduk Hong Kong untuk tetap tinggal di AS daripada menghadapi penindasan dengan dideportasi ke wilayah yang dikuasai China.

Biden mengecam penindakan keras Beijing selama 14 bulan terhadap demokrasi di Hong Kong dan mengatakan merupakan kepentingan "utama" kebijakan luar negeri AS untuk mengizinkan penduduk Hong Kong tinggal dan bekerja di AS.

Jumlah pasti orang yang terimbas kebijakan itu belum diketahui, tetapi seorang pejabat senior pemerintahan Biden mengatakan sebagian besar dari 330.000 penduduk Hong Kong yang tinggal di AS kemungkinan memenuhi syarat untuk tinggal, kecuali orang yang pernah dihukum karena pelanggaran pidana serius.

(Baca juga: 20 Pejabat Dicopot karena Lalai Sebabkan Varian Delta Menular Secara Massal)

Biden dalam perintah yang dikeluarkannya mengatakan setidaknya 100 politisi oposisi, aktivis, dan pengunjuk rasa telah ditahan oleh China selama tahun lalu atas berbagai tuduhan, sementara 10.000 orang lebih telah ditangkap karena tuduhan lain terkait protes anti-pemerintah.

“Amerika berkomitmen pada kebijakan luar negeri yang menyatukan nilai-nilai demokrasi dengan tujuan kebijakan luar negeri kita, yang berpusat pada membela demokrasi dan mendukung hak asasi manusia di seluruh dunia,” terangnya.

(Baca juga: Vaksin Covid-19 Moderna 93% Efektif Usai 6 Bulan)

“Menawarkan perlindungan bagi penduduk Hong Kong yang jaminan kebebasannya telah dirampas di Hong Kong membuat Amerika meningkatkan kepentingannya di kawasan itu,” lanjutnya.

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini