Brutal! Berikut Deretan Aksi Penembakan Massal Tewaskan Puluhan Orang

Tim Litbang MPI, MNC Portal · Minggu 15 Agustus 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 15 18 2455778 brutal-berikut-deretan-aksi-penembakan-massal-tewaskan-puluhan-orang-3bShITQjJA.jpeg Salah satu lokasi penembakan massal di AS. (Foto: Reuters)

KASUS penembakan massal dengan jumlah korban jiwa hingga 50 orang pernah melanda Selandia Baru. Aksi brutal itu langsung mendapat kecaman keras dari negara-negara di dunia. Selain kejadian tersebut, beberapa tragedi menembakan massal juga pernah terjadi di negara lain. Berikut daftarnya:

1. Plymouth, Inggris

Sebanyak 6 orang dilaporkan tewas akibat serangan penembakan massal yang terjadi di Plymouth, Inggris pada 12 Agustus 2021 malam. Jumlah korban tewas itu sudah termasuk tersangka penembakan, dan dinyatakan bukan bagian dari kelompok teroris.

Tragedi nahas itu jelas menyedot perhatian banyak dari masyarakat Inggris. Beberapa dokter, helikopter dan tenaga medis lainnya juga dikirim ke lokasi kejadian untuk membantu proses evakuasi dan penanganan. Atas insiden ini, pemerintah mengimbau warga untuk tetap berada di rumah demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. 

2. Indianapolis, Amerika Serikat

Sebuah gedung ekspedisi di Indianapolis, AS menjadi sasaran penembakan massal pada 15 April 2021 malam. Akibatnya, polisi menutup wilayah sekitar tempat kejadian agar suasana bisa kembali kondusif. Tidak ada data pasti berapa banyak jumlah korban tewas. Namun dikutip dari berbagai sumber, tragedi ini menewaskan beberapa karyawan ekspedisi yang sedang berada di dalam gedung. 

3. Colorado, Amerika Serikat

Insiden penembakan massal juga terjadi di sebuah toko grosir di Colorado pada 22 Maret 2021 pukul 3 sore waktu setempat. Setidaknya terdapat 10 korban jiwa dalam kejadian tersebut. Penembakan massal yang terjadi ini disebut sebagai kejadian mematikan dalam sepekan. Setelah sebelumnya, aksi penembakan massal juga terjadi di 3 lokasi berbeda di wilayah Atlanta dan menewaskan 8 orang.

4. Texas, Amerika Serikat

Seorang pria terekam kamera pengawas melakukan aksi penembakan massal di salah satu pusat perbelanjaan di wilayah El Paso, Texas pada 4 Agustus 2019 silam. Tercatat ada 20 korban tewas dalam kejadian ini. Sementara itu, pelaku teridentifikasi berinisal PC yang baru berusia 21 tahun. Ia melancarkan aksinya dengan menggunakan senjata AK-47, kaos hitam dan penutup telinga. 

5. Christchurch, Selandia Baru

Aksi penembakan pada 15 Maret 2019 pukul 13.40 waktu setempat terjadi di sebuah masjid di Christchurch. Sembari melakukan penembakan massal kepada para jamaah di dalam masjid dan orang-orang di sekitar masjid, pelaku merekam tindakannya itu dan disiarkan langsung melalui media sosial. Situs berita BBC melaporkan, total durasi dari siaran langsung tersebut adalah selama 17 menit. Video tersebut kemudian langsung dihapus oleh pihak pengelola sosial media.

Jumlah korban yang tewas mencapai 50 orang dan 20 orang lainnya dikabarkan mengalami luka-luka. Pemerintah Selandia Baru dan kepala negara di berbagai negara mengecam keras aksi tersebut dan menyatakan bahwa hal itu adalah aksi teroris. 

(Dikutip dari berbagai sumber: Ajeng Wirachmi/Litbang MPI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini