Share

Biden: Jika Taliban Menyerang, Kami Akan Lindungi Rakyat dengan Kekuatan yang menghancurkan

Susi Susanti, Koran SI · Selasa 17 Agustus 2021 12:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 18 2456771 biden-jika-taliban-menyerang-kami-akan-lindungi-rakyat-dengan-kekuatan-yang-menghancurkan-vOj6pwsWba.jpg Presiden AS Joe Biden (Foto: Reuters)

WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan jika Taliban menyerang pasukan AS yang sedang mengevakuasi warga, AS akan membalas dengan cepat dan kuat.

"Pasukan Amerika menjalankan misi ini secara profesional dan seefektif biasanya. Tapi itu bukan tanpa risiko. Saat kami melakukan keberangkatan ini, kami telah menjelaskan kepada Taliban jika mereka menyerang personel kami atau mengganggu operasi kami, Kehadiran AS akan cepat dan responsnya akan cepat dan kuat," kata Biden.

"Kami akan membela orang-orang kami dengan kekuatan yang menghancurkan jika perlu,” ujarnya.

Melalui pidato yang disiarkan televisi dari Gedung Putih, Biden mengatakan tanggapan terhadap serangan apa pun akan cepat dan kuat.

Biden juga memperingatkan Taliban untuk tidak mengganggu atau mengancam evakuasi ribuan diplomat AS dan penerjemah Afghanistan di bandara Kabul.

(Baca juga: Deplu AS: Belum Ada Transfer Kekuasaan Resmi di Afghanistan)

Selanjutnya Presiden memaparkan misi militer AS yang sedang berlangsung di lapangan saat ini.

β€œMisi militer kami saat ini, akan singkat dalam waktu, terbatas dalam ruang lingkup dan fokus pada tujuannya: mendapatkan orang-orang kami dan sekutu kami seaman dan secepat mungkin. Dan setelah kami menyelesaikan misi ini, kami akan mengakhiri penarikan militer kami. Kami akan mengakhiri perang terpanjang Amerika setelah 20 tahun pertumpahan darah," terangnya.

(Baca juga: Juru Bicara Taliban: Warga Afghanistan Tidak Boleh Takut)

(sst)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini