Share

HUT Ke-76 RI, KBRI Laos Gelar Upacara Kemerdekaan secara Terbatas

Tim Okezone, Okezone · Selasa 17 Agustus 2021 17:16 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 17 18 2456885 hut-ke-76-ri-kbri-laos-gelar-upacara-kemerdekaan-secara-terbatas-DfFmXXs3UW.jpg KBRI Laos gelar upacara HUT Ke-76 RI (Foto: Dok KBRI Laos)

JAKARTA - Keluarga Besar KBRI Laos, serta perwakilan Friends of Indonesia Laos melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati 76 tahun Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI, Selasa (17 /8/2021) tepat pukul 08.00 waktu setempat.

Dalam Upacara tersebut, bertindak selaku Pembina Upacara adalah Duta Besar RI untuk Republik Demokratik Rakyat Laos, Pratito Soeharyo, dan selaku Komandan Upacara adalah Atase Pertahanan KBRI Vientiane, Kolonel Infanteri Rory Ojak Halomoan Sitorus. Upacara dilaksanakan di halaman Kedutaan Besar Republik Indonesia di Vientiane, Laos dengan memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga:  Qyara Maharani Jadi Pembawa Bendera Merah Putih dalam Upacara di Istana Sore Ini

Upacara bendera di KBRI Vientiane dilakukan dengan peserta dalam jumlah terbatas, yang hanya dihadiri oleh para staf KBRI beserta keluarga serta sejumlah perwakilan Friends of Indonesia. Hal ini mengingat kebijakan pengendalian penyebaran virus Covid-19 negara setempat yang masih menerapkan aturan lockdown secara parsial dan melarang acara perkumpulan dalam skala besar.

Perwakilan Friends of Indonesia yang hadir adalah pemelajar Kursus Bahasa Indonesia KBRI Vientiane di Laos serta Alumni Beasiswa dan Perguruan Tinggi Indonesia di Laos, yang merupakan warga negara Laos. Pemelajar Kursus Bahasa Indonesia terdiri dari pelajar, pegawai pemerintah, tentara dan polisi Laos.

Setelah upacara peringatan HUT ke-76 RI selesai, acara dilanjutkan dengan persembahan Tari ”Kembang Jatoh” oleh para pemelajar Kursus Bahasa Indonesia yang juga mempelajari ragam Seni dan Budaya Indonesia di KBRI Vientiane. Selanjutnya Dubes Pratito Soeharyo beserta staf KBRI Vientiane mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi yang dilaksanakan di Halaman Istana Merdeka secara virtual.

Sementara itu, total kasus positif Covid-19 di Laos per 17 Agustus 2021 adalah sejumlah 10.648 kasus yang mayoritas merupakan kasus impor (imported cases), dan melibatkan para pekerja migran asal Laos yang kembali ke Laos dari Thailand melalui perbatasan darat. Laos kini memiliki 3.988 kasus aktif, sementara jumlah kematian sebanyak 9 orang.

Baca Juga:  Rangkaian Upacara Penurunan Bendera Merah Putih di Istana Sore Ini

Meskipun upaya pengendalian penyebaran virus sejauh ini tertangani dengan baik di Laos sehingga tidak menimbulkan jumlah kasus transmisi lokal (community transmission) yang besar, situasi di negara-negara tetangga yang berbatasan langsung dengan Laos belum stabil, sehingga seluruh warga di Laos dituntut untuk selalu waspada.

Baca Juga: KKP Pastikan Proses Hukum Pelaku Perdagangan Sirip Hiu Ilegal di Sulawesi Tenggara

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini