Berdalih Agar Berani Melawan Api, Oknum Petugas Damkar Diciduk Bawa Sabu

Solichan Arif, Koran SI · Senin 30 Agustus 2021 17:58 WIB
https: img.okezone.com content 2021 08 30 519 2463463 berdalih-agar-berani-melawan-api-oknum-petugas-damkar-diciduk-bawa-sabu-mCbq3YIfvR.JPG Konferensi pers Polres Blitar (Foto: iNews/Solichan)

BLITAR - Sanca (35), seorang oknum pegawai kontrak pemadam kebakaran Kabupaten Blitar diringkus aparat kepolisian. Sanca yang diamankan di rumahnya di Sananwetan, Kota Blitar, kedapatan menyimpan sabu-sabu seberat 28,74 gram.

"Yang bersangkutan diamankan di rumahnya," ujar Kapolres Blitar Kota AKBP Yudhi Heri Setiawan kepada wartawan Senin (30/8/2021). Sanca tidak berusaha melawan. Ia hanya pasrah saat digelandang petugas. Di depan petugas yang bersangkutan mengakui perbuatannya.

Sanca mengatakan, memakai sabu-sabu untuk kepentingan pekerjaan. Di bawah pengaruh sabu, ia mengaku merasa lebih kuat sekaligus berani saat menghadapi korbaran api. "Pengakuan merasa lebih berani dan kuat itu dilontarkan kepada petugas," kata Yudhi.

Sanca dijerat UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman lima tahun penjara. Selama bulan Agustus 2021 Polres Blitar Kota mengungkap empat kasus narkoba. Selain sabu-sabu, juga pil koplo. Dari kasus yang terungkap, petugas mengamankan lima orang pelaku.

Kasi Damkar Satpol PP Kabupaten Blitar Tedi Prasojo membenarkan Sanca merupakan bagian dari personilnya. Namun yang bersangkutan sudah mengundurkan dari pegawai kontrak dengan alasan ada pekerjaan lain. "Yang bersangkutan sudah mundur beberapa bulan lalu dengan alasan ada pekerjaan lain," ujar Tedi.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini