Banjir Bandang Terjang 4 Negara Bagian AS, Tewaskan Setidaknya 44 Orang

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 03 September 2021 10:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 03 18 2465527 banjir-bandang-terjang-4-negara-bagian-as-tewaskan-setidaknya-44-orang-C7R7sJHAu9.jpg Mobil-mobil tenggelam akibat banjir yang dibawa sisa-sisa Badai Ida di Bronx, New York City, Amerika Serikat, 2 September 2021. (Foto: Reuters)

MAPLEWOOD - Banjir bandang menewaskan setidaknya 44 orang di empat negara bagian di Timur Laut Amerika Serikat (AS) ketika sisa-sisa Badai Ida membawa hujan lebat yang menyapu mobil, menenggelamkan jalur kereta bawah tanah New York City dan menghentikan penerbangan maskapai, demikian dilaporkan pejabat, Kamis (2/9/2021).

Di wilayah luas New York, New Jersey, Pennsylvania, dan Connecticut, penduduk menghabiskan seharian bertahan dengan ruang bawah tanah yang tergenang air, pemadaman listrik, atap yang rusak, dan permintaan bantuan dari teman dan anggota keluarga yang terdampar oleh banjir.

BACA JUGA: Badai Dahsyat Ida Sebabkan Mati Listrik Total di New Orleans, Tewaskan 1 Orang

Setidaknya 13 orang kehilangan nyawa mereka di New York City, bersama dengan tiga orang yang tewas di pinggiran Westchester County. Gubernur New Jersey Phil Murphy dalam sebuah tweet mengatakan bahwa setidaknya 23 orang di negara bagian itu tewas akibat bencana tersebut.

Layanan Cuaca Nasional mengonfirmasi dua tornado kuat juga melanda Maryland pada Rabu (1/9/2021), satu di Annapolis dan satu lagi di Baltimore. Seorang anak berusia 19 tahun dilaporkan tewas setelah mencoba menyelamatkan ibunya dari apartemen yang terendam banjir di Rockville, Maryland, menurut Washington Post.

BACA JUGA: Viral, Pembangunan Jalur Sepeda Sebabkan Kemacetan Parah di New York

Empat orang tewas di pinggiran kota Philadelphia akibat badai, menurut keterangan pihak berwenang. Sementara seorang polisi negara bagian Connecticut tewas setelah kapal penjelajahnya tersapu banjir di kota Woodbury pada Kamis pagi.

Presiden AS Joe Biden pada Kamis mengatakan pemerintah federal siap memberikan "semua bantuan yang diperlukan."

Gubernur New York dan New Jersey mendesak penduduk untuk tinggal di rumah saat kru darurat bekerja untuk membersihkan jalan raya dan memulihkan layanan ke kereta bawah tanah dan jalur kereta komuter yang melayani jutaan penduduk.

Hampir 170.000 pelanggan di empat negara bagian timur laut AS mengalami listrik padam pada Kamis akibat badai. Sebagian besar mati listrik terjaid di Pennsylvania dan New Jersey, menurut PowerOutage.US, yang mengumpulkan data dari perusahaan utilitas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini